top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

5 Strategi Talent Management untuk Pengembangan Potensi Karyawan Lebih Maksimal



Strategi Talent Management - Perusahaan ini sangat bergantung pada karyawan dengan kemampuan memadai. Lebih dari itu perusahaan akan berusaha meningkatkan kemampuan karyawan dengan menggunakan talent manajemen yang tepat sehingga karyawan akan mampu menunjukkan potensi kerja terbaik. Sayangnya tidak semua perusahaan menguasai strategi talent manajemen dengan baik padahal strategi tersebut sangat penting untuk bisnis Anda. Perusahaan Anda bisa melakukan beberapa strategi talent management di perusahaan dengan cara sederhana seperti di bawah ini:


Melakukan Pendekatan Personal

Strategi talent management yang pertama adalah melakukan pendekatan secara personal. Strategi ini tidak akan berlangsung secara efektif tanpa pendekatan yang efektif ini. Setiap karyawan pasti memiliki gaya komunikasi yang berbeda dengan pendekatan ini perusahaan akan lebih memahami kemampuan dan kebutuhan masing-masing karyawan.

Nantinya karyawan tidak akan segan lagi untuk bercerita tentang hambatan kerja yang sering dihadapinya. Setelah hambatan kerja diatasi dengan penyelesaian yang tepat karyawan akan bisa fokus dalam mengembangkan potensi dirinya sendiri.


Mengenali Talenta yang Ada Pada Setiap Karyawan

Semua karyawan pasti memiliki talenta yang berbeda sehingga identifikasi talenta ini menjadi bagian yang penting dalam strategi talent management ini. Perusahaan yang baik adalah yang mampu membantu karyawan dalam mengembangkan bakatnya tersebut. Dengan bakatnya tersebut karyawan akan mampu berkontribusi lebih ke perusahaan. Pengembangan talenta yang efektif ini akan membuat karyawan merasa bersemangat karena bisa berkarir sesuai dengan passionnya tersebut.


Budaya Politik Kerja yang Sehat

Pengembangan bakat ini sebenarnya tidak hanya berfokus pada talenta karyawan saja namun lebih dari itu. Budaya politik kerja ini juga sangat patut untuk Anda perhatikan. Jangan sampai budaya politik kerja tidak sehat ini ada di perusahaan Anda dimana hal ini akan membuat suasana bekerja menjadi mencekam dan kurang nyaman. Produktivitas karyawan dalam bekerja akan menurun karena suasana yang kurang nyaman tersebut.

Dengan suasana bekerja yang nyaman dan tanpa persaingan kotor ini akan membuat karyawan nyaman dan memiliki motivasi tinggi karena potensinya dihargai. Semua karyawan akan memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai jenjang karir yang cemerlang dan mendapatkan penghargaan yang setimpal.


Benchmarking

Mengembangkan calon bintang ini menjadi sumber kekuatan dan kelemahan. Seorang manajer ini perlu mengetahui area kekuatan dan keahlian serta area lain dimana karyawan tersebut membutuhkan peningkatan. Anda bisa membandingkan bakat dalam perusahaan dengan perusahaan lain. Cara melakukan strategi ini Anda bisa menggunakan kerangka kompetensi, audit keterampilan, dan juga penilaian 360 derajat. Dengan benchmarking ini bisa terlihat jelas perbedaan keterampilan yang harus disesuaikan tersebut.


Memotivasi dengan Cara Menyenangkan

Strategi yang bisa dilakukan yang terakhir adalah perusahaan bisa melakukan motivasi ke karyawan dengan cara yang menyenangkan. Memotivasi karyawan ini tidak boleh dianggap remeh karena karyawan akan terus bersemangat dan produktif bahkan mencapai goal yang ditentukan dengan motivasi yang dilakukannya.


Memotivasi ini tidak hanya dengan perkataan namun juga dengan memberikan reward atau penghargaan dan kejutan-kejutan yang lainnya. Performa perusahaan akan meningkat karena puas dengan perusahaan tempatnya bekerja selain itu semangat kerja akan semakin tinggi.Jika menggunakan cara manual tentu Anda akan kesulitan dalam menerapkan strategi-strategi tersebut terutama bagi perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan. Anda membutuhkan talent management system untuk bisa mengembangkan bakat masing-masing karyawan Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan SOLTIUS untuk menganalisis dan mengembangkan bakat karyawan di perusahaan Anda lebih efektif dan efisien. Kami merupakan perusahaan konsultan dan penyedia IT terbaik di Indonesia yang dipercaya ratusan klien untuk memaksimalkan performa bisnis mereka. Dengan pengalaman yang kami miliki, kami mampu memberikan solusi dan strategi talent management terbaik untuk bisnis dan perusahaan Anda, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Sumber: www.soltius.co.id

720 views0 comments
bottom of page