top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien Agar Kinerja Meningkat



Agar pekerjaan selesai tepat waktu, di mana pun dan apa pun pekerjaannya, Anda harus tahu bagaimana cara bekerja efektif seperti di bawah ini. Tapi ingat, jangan lupa juga untuk mempraktikkannya juga, ya!


1. Buat prioritas kerja

Tentukan mana tugas yang paling prioritas dan mana yang tidak terlalu harus diselesaikan segera. Dengan begitu, Anda bisa fokus menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaan satu per satu tanpa harus memikirkan yang lainnya.


2. Atur waktu dengan baik agar tetap produktif

Cara bekerja efektif lainnya yang harus kamu ketahui adalah memiliki time management yang baik. Pikirkan berapa waktu yang harus kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.


3. Komunikasi adalah hal penting

Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerjamu. Karena ketika Anda mampu menjalin komunikasi dengan baik, Anda akan mempersingkat waktu dan menghindari salah paham yang sering terjadi di dalam kerja tim.


4. Ciptakan dan ikuti rutinitas

Manusia memiliki jam tubuh yang terbentuk karena kebiasaan. Entah itu jam makan, jam tidur, atau jam kerja. Nah, supaya pekerjaan berjalan efisien, kamu harus membuat rutinitas kerja kamu sendiri. Karena ketika memiliki rutinitas, kamu dapat menyelesaikan setiap tugas dengan cepat karena tidak harus banyak berpikir.


5. Ubah cara berpikir

Cara bekerja efektif selanjutnya adalah dengan mengubah mindset atau pola pikir. Daripada menganggap pekerjaan atau tekanan kerja sebagai hal yang negatif, Anda dapat menjadikan tekanan kerja sebagai hal yang positif bagi kemajuan karir. Dengan berpikir positif dan mengubah cara berpikir, Anda bisa lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan. Tak hanya bisa lebih cepat selesai, pekerjaan pun bisa lebih baik hasilnya.


6. Mengelola stress

Stres dapat menyebabkan masalah pada fisik dan mental yang pada akhirnya dapat menghalangi kinerja kamu. Itu sebabnya selalu kelola dan redakan stres dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca, mendengarkan musik, yoga atau melakukan hobi di luar jam kerja.


*Sumber artikel: Ekrut “Tingkatkan Kinerja dengan 7 Cara Efektif dan Efisien”


2,156 views0 comments
bottom of page