Search
  • News and Updates

6 Jenis Musik yang Diyakini Dapat Memicu Produktivitas



Musik klasik

Peneliti telah lama mengklaim bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu orang melakukan tugas dengan lebih efisien. Teori ini, yang dijuluki "Efek Mozart", menunjukkan bahwa mendengarkan komposer klasik dapat meningkatkan aktivitas otak dan bertindak sebagai katalisator untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Tidak adanya kata-kata dalam musik mungkin menjadi salah satu faktornya, karena lagu yang mengandung lirik dianggap sebagai gangguan saat Anda mencoba untuk fokus. Dan musik klasik dikenal menenangkan, membuat rileks, dan membantu mengurangi stres.


Musik alam

Mendengarkan suara alam, seperti deburan ombak atau aliran sungai yang mengoceh, telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Suara alam bekerja paling baik jika berupa suara yang menenangkan, seperti air mengalir atau hujan, sementara suara yang lebih menggelegar seperti kicauan burung dan suara binatang dapat mengganggu.

Para peneliti di Rensselaer Polytechnic Institute telah menemukan bahwa suara alam meningkatkan suasana hati dan fokus. Studi tersebut menemukan bahwa karyawan lebih produktif dan memiliki perasaan yang lebih positif saat suara alam diputar di latar belakang saat mereka bekerja.


Musik antara 50 dan 80 detik per menit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bukan jenis musik yang penting dalam membantu Anda tetap fokus dan produktif, tetapi tempo musik tersebut. Penelitian telah menemukan bahwa musik dengan 50 hingga 80 detak per menit dapat meningkatkan dan merangsang kreativitas dan pembelajaran.

Emma Grey, seorang terapis perilaku kognitif, bekerja sama dengan Spotify menemukan bahwa mendengarkan musik dalam kisaran 50 hingga 80 ketukan membuat otak berada dalam keadaan alfa.

Musik sinematik

Musik belakang layar nan megah dan epik yang diputar pada latar belakang dapat membuat tugas yang paling biasa pun terasa seperti Anda ingin mengubah dunia, sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Jenis musik ini dapat memberdayakan, mengangkat semangat, dan mencerahkan suasana hati Anda. Jadi, jika Anda merasa lelah dan lelah, coba dengarkan musik sinematik bergaya epik untuk memberi dorongan motivasi ekstra.


Musik video game

Ternyata, setiap elemen video game dirancang untuk menciptakan pengalaman bermain game yang ditingkatkan untuk semua indra Anda, dan musiknya telah disusun secara khusus untuk membantu Anda fokus pada tugas tanpa terganggu oleh hiruk pikuk suara.

Musik ini umumnya tidak memiliki lirik atau suara manusia dan memiliki tempo yang cukup cepat untuk membuat Anda terus maju. Komposisi musik ini mungkin berlaku untuk mendorong Anda tetap maju dan terus memperhatikan daftar tugas harian Anda.


Musik favorit pribadi

Jika berbicara tentang menangani proyek yang tidak terlalu Anda sukai, sebaiknya putar musik yang Anda sukai. Penelitian telah menemukan bahwa memainkan jenis musik favorit Anda dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas.


15 views1 comment

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.