top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

8 Tren Teknologi Tahun Ini dan Ke Depan


Berikut adalah 8 tren teknologi 2020 dan beberapa tahun ke depan dari Alibaba DAMO Academy:


1. Artificial intelligence menjadi kecerdasan kognitif Artificial intelligence (AI) telah mencapai atau melampaui batas manusia di bidang kecerdasan perseptual seperti speech to text, NLP (natural language processing/pemrosesan bahasa alami), pemahaman video, dan banyak lagi.


2. Teknologi in-Memory-Computing

Dengan perkembangan pesat dari algoritma AI berbasis data selama beberapa tahun terakhir ini, akhirnya telah sampai pada titik perangkat keras menjadi hambatan dalam eksplorasi algoritma yang lebih maju. Dalam arsitektur Processing-in-Memory (PIM), memori dan prosesor menyatu bersama dan komputasi dilakukan di tempat data disimpan dengan gerakan data minimal. Dengan demikian, efisiensi daya dapat ditingkatkan secara signifikan.


3. IoT industri pendukung transformasi digital Di tahun 2020, teknologi 5G, perkembangan pesat perangkat IoT, komputasi awan, dan edge computing akan mempercepat perpaduan antara sistem informasi, sistem komunikasi, dan sistem kontrol sektor industri. Melalui IoT yang canggih, perusahaan manufaktur dapat merasakan teknologi otomatisasi mesin, logistik di pabrik, dan penjadwalan produksi, sebagai cara untuk merealisasikan model bisnis C2B manufaktur pintar (consumer to business smart manufacturing).


4. Kemungkinan terjadinya kolaborasi skala besar antar mesin

Pengembangan teknologi penginderaan kolaboratif dari Internet of things (IoT) dan teknologi komunikasi 5G akan mewujudkan kolaborasi di antara banyak agen. Kecerdasan gabungan yang dihasilkan dari kerja sama berbagai badan intelijen akan semakin memperkuat nilai sistem intelijen: pengiriman lampu lalu lintas cerdas skala besar akan mewujudkan penyesuaian dinamis dan menampilkan perhitungan real-time, sementara robot di gudang akan bekerja sama untuk menyelesaikan penyortiran kargo dengan lebih efisien.


5. Desain modular membantu proses kerja chip lebih mudah dan lebih cepat Desain chip SoC open source berdasarkan RISC-V, bahasa deskripsi perangkat keras tingkat tinggi, dan metode desain chip modular berbasis IP telah mempercepat pengembangan metode desain yang gesit dan ekosistem chip open source. Selain itu, metode desain modular berdasarkan chiplets (pembuat chip) menggunakan metode pengemasan canggih untuk mengemas chiplets yang memiliki fungsi berbeda secara bersamaan, yang dapat dengan cepat menyesuaikan dan mengirimkan chip yang sudah lolos seleksi secara spesifik oleh aplikasi yang berbeda.


6. Aplikasi blockchain skala besar diadopsi massal

Berbagai chip perangkat keras yang tertanam dengan algoritma inti digunakan pada edge, cloud dan dirancang khusus untuk blockchain yang juga akan muncul, yang memungkinkan aset di dunia fisik untuk ditempatkan ke aset di blockchain. Di masa depan, sejumlah besar skenario aplikasi blockchain inovatif dengan kolaborasi multi dimensi di berbagai industri dan ekosistem akan muncul, dan aplikasi blockchain tingkat produksi skala besar dengan lebih dari 10 juta DAI (Item Aktif Harian) akan diadopsi massal.


7. Adopsi AI untuk melindungi privasi data Biaya yang diwajibkan oleh undang-undang dan peraturan terbaru tentang perlindungan data terkait transfer data semakin tinggi dari sebelumnya. Karenanya, terjadi peningkatan minat dalam menggunakan teknologi AI untuk melindungi privasi data. Teknologi AI seperti ini menjanjikan teknologinya dapat memecahkan masalah silo data dan masalah akan kurangnya kepercayaan dalam praktik berbagi data saat ini.


8. Cloud menjadi pusat inovasi teknologi TI Dengan perkembangan teknologi komputasi awan yang berkelanjutan, cloud telah berkembang jauh melampaui ruang lingkup infrastruktur TI, dan secara bertahap berkembang menjadi pusat dari semua inovasi teknologi TI. Cloud memiliki hubungan yang erat dengan hampir semua teknologi TI, termasuk chip baru, database baru, jaringan adaptif self-driving, big data, AI, IoT, blockchain, komputasi kuantum dan lainnya. Sementara, cloud terus berinovasi dengan teknologi baru, seperti komputasi tanpa server, arsitektur perangkat lunak cloud, desain perangkat lunak terintegrasi, serta operasi otomatis cerdas.

114 views0 comments
bottom of page