top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Apa Itu Human Capital ROI? Mari Mengenalnya!

Human Capital ROI atau HCROI adalah metrik SDM yang mengevaluasi dan mengukur seberapa besar investasi dan seberapa lama waktu pengembalian investasi terhadap Human Capital yang terdapat dalam sebuah organisasi. Metodologi ini berguna untuk melihat apakah berbagai inisatif dan kebijakan terkait Human Capital sudah efektif atau belum. Ini juga yang akan membantu manajemen sebuah perusahaan mengembangkan strategi Human Capital ke depannya.

Dalam istilah awam, ini adalah jumlah keuntungan yang diperoleh perusahaan terhadap setiap investasi dalam kompensasi modal manusia mereka. HCROI menunjukkan rasio pendapatan yang diperoleh terhadap total biaya pekerjaan baik untuk FTE dan karyawan kontingen (sementara atau paruh waktu) dari organisasi mana pun.


ROI Sumber Daya Manusia menunjukkan nilai keuangan secara individu atau kolektif yang dikontribusikan oleh karyawan. Pada dasarnya, ini memberikan ukuran sebenarnya dari produktivitas sumber daya manusia.


Tujuan Menghitung ROI Sumber Daya Manusia

ROI Sumber Daya Manusia membantu menganalisis faktor-faktor mana yang membantu atau menghalangi profitabilitas dan produktivitas organisasi.

Selain itu, hal ini juga memungkinkan organisasi untuk menciptakan atau memberikan suasana yang tepat kepada karyawannya. Ini pada akhirnya akan menghasilkan produktivitas yang relatif cepat dan lebih banyak. Bahkan lebih jauh lagi, dapat membantu mengetahui apakah tingkat pelatihan dan keterampilan yang tepat dikembangkan pada karyawan atau tidak.


Selain hal di atas, HCROI memungkinkan organisasi untuk mengetahui bahwa lingkungan yang disediakan bagi karyawan untuk berkembang benar atau tidak. Ini akan mengidentifikasi apakah kepemimpinan yang tepat dan dukungan manajerial tersedia bagi karyawan. Ini memungkinkan mereka untuk mencapai dan menyelaraskan dengan tujuan bisnis perusahaan.


*Sumber artikel: Excel Data Pro “What is Human Capital ROI? Definition, Formula and Purpose”

1,677 views0 comments
bottom of page