Search
  • News and Updates

Apa Itu Keterampilan Interpersonal dan Mengapa Hal Ini Dibutuhkan dalam Kerjasama Tim?


Di dunia kerja, sebutan lain dari keterampilan sosial (social skills) adalah keterampilan interpersonal. Ketika seseorang menggunakan aspek-aspek keterampilan sosial ke dalam kehidupan sehari-harinya, maka ini disebut sebagai sosialisasi. Jadi baik keterampilan sosial maupun keterampilan interpersonal, keduanya sama-sama mengacu pada interaksi dengan orang lain.


Lalu, mengapa keterampilan sosial sangat penting di dalam dunia kerja? Hampir setiap pekerjaan di dunia ini sangat memerlukan keterampilan sosial (social skills) yang baik. Logikanya, ketika kita harus bekerjasama di dalam tim, maka kita perlu bergaul dan berinteraksi dengan sangat baik bersama mereka.


Ketika kita bekerja dengan klien dan pelanggan, maka kita harus memiliki keterampilan yang baik dalam mendengarkan keluh kesah mereka. Atau, jika kita adalah seorang pemimpin atau manajer, maka kita perlu memiliki keterampilan sosial dalam memotivasi para karyawan kita.


Apa saja keterampilan sosial yang dibutuhkan dalam kerjasama tim?

Setelah bersama-sama memahami definisi keterampilan sosial, sekarang mari kita membahas tentang apa saja keterampilan sosial dalam kerjasama tim yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Menurut the balance careers, ada 6 tipe keterampilan sosial (interpersonal) yang sangat penting untuk membangun kerjasama tim yang baik di tempat kerja. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjalin hubungan yang baik dengan semua orang di tempat kerja

Disadari atau tidak, kita akan menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang kantor. Bayangkan jika dalam sehari kita bekerja selama 8 - 9 jam dari hari Senin sampai Jumat, maka dalam seminggu kita akan menghabiskan waktu berinteraksi dengan orang-orang kantor selama 40 jam/ minggu. Bahkan saat bekerja remote sekalipun.

Untuk membangun kerjasama tim yang baik, membina hubungan yang harmonis dengan orang-orang di kantor adalah langkah utama yang perlu kita terapkan. Secara tidak langsung, hubungan yang baik akan membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Akan ada banyak orang yang mau membantu kita ketika kita merasa kesulitan, entah dengan memberikan suatu panduan, membantu mem-back up pekerjaan jika kita sedang berhalangan, dan lain sebagainya.


Namun, bagaimana jika kita harus menghadapi rekan kerja yang kurang bisa diajak kerjasama? Kuncinya, hadapi mereka dengan sabar dan tetap profesional. Keterampilan sosial (interpersonal) mengajarkan kita untuk melakukan hal itu. Kita tidak akan pernah tahu, mungkin lama-kelamaan sikap mereka akan berubah menjadi lebih baik dengan kita.


2. Selalu mencoba memahami perasaan orang lain

Kerjasama tim yang baik tidak akan pernah tercipta jika kita tetap mempertahankan ego masing-masing. Salah satu keterampilan sosial (interpersonal) yang sangat diperlukan di dunia kerja adalah mau mencoba memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Sikap seperti ini sering juga disebut sebagai empati. Dengan bersikap empati, kita akan lebih mudah untuk mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain. Ketika kita bersikap empati, orang-orang akan sangat suka berinteraksi dan dekat dengan kita. Nah kondisi seperti ini nantinya akan membangun kerjasama tim yang kuat, dimana setiap anggota tim bisa saling menguatkan satu sama lain.


3. Mendengarkan orang lain dengan saksama

Berhubungan dengan poin di atas, kita tidak akan bisa memahami perasaan orang lain atau bersikap empati, jika kita tidak mau mendengarkan orang lain secara aktif dan saksama. Dengan mendengarkan secara aktif berarti kita melibatkan diri kita sepenuhnya dengan lawan bicara. Akan ada begitu banyak kesalahpahaman yang terjadi ketika tidak ada satu orang pun yang mau mendengarkan dengan aktif. Konsekuensinya, kita akan kesulitan untuk membentuk kerjasama tim yang baik di tempat kerja.


4. Menunjukkan rasa hormat kepada orang lain di tempat kerja

Apabila kita ingin dihormati oleh orang lain di tempat kerja, maka keterampilan sosial (interpersonal) mengajarkan kita untuk bersikap hormat juga kepada orang lain. Dengan kata lain, kita tidak akan pernah dihormati oleh orang lain, jika diri sendiri saja tidak mau menghormati orang lain. Kita juga perlu melakukan kontak mata saat orang lain sedang berbicara dengan kita. Dengan sikap yang seperti itu, lawan bicara kita akan merasa dihormati dan dihargai, karena sikap kita menunjukkan pembicaraan mereka adalah hal yang penting dan mereka adalah orang yang perlu diberikan perhatian oleh kita.


5. Melakukan kerjasama yang baik dengan orang lain di kantor

Keterampilan interpersonal lainnya yang perlu kita miliki di kantor adalah mau bekerjasama dengan rekan kerja kita yang lainnya, baik di dalam departemen yang sama maupun departemen yang berbeda. Ini merupakan bagian paling terpenting di dalam keterampilan sosial interpersonal yang dapat membantu kita untuk membangun kerjasama tim yang baik dan kompak.


6. Memiliki sikap positif yang luar biasa

Memiliki sikap positif yang luar biasa sangat cocok menjadi kesimpulan dari beberapa keterampilan sosial (interpersonal) lainnya. Semuanya hanya akan menjadi sia-sia, jika kita tidak menguncinya dengan sikap positif kepada orang lain di tempat kerja.

Dengan memiliki sikap positif secara keseluruhan, ini akan memengaruhi banyak aspek pekerjaan kita. Orang-orang yang senantiasa bersikap positif akan lebih mudah mencapai kesuksesan. Mereka akan lebih sering dipromosi ke jabatan yang lebih baik dan mereka akan lebih dipercaya untuk memegang proyek-proyek kerja yang penting.

Pada akhirnya, orang-orang yang memiliki sikap positif akan memiliki kemudahan dalam membangun tim kerja yang kuat.


*Sumber artikel: Studi Ilmu “Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim”

*Sumber foto: Headyway via Unsplash

96 views0 comments