Search
  • News and Updates

Apa itu VUCA dan Bagaimana Cara Mengatasinya?



Sumber gambar: Freepik.com


Dalam dunia bisnis dan pekerjaan, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan baru yang tidak dapat diprediksi. Tidak jarang, situasi seperti ini dapat membuat individu maupun organisasi menjadi terhenti pada satu titik atau bahkan tidak sanggup menghadapi gempuran yang ada.


Dengan begitu, mari kenali VUCA lebih dalam dan cara mengatasinya melalui beberapa poin berikut ini:


1. Volatility (Volatilitas)

Dalam hal ini, perubahan terjadi secara mendadak yang menyebabkan adanya tantangan baru bagi individu maupun organisasi. Keputusan yang cepat dan tepat sangat menentukan. Untuk itu, mampu melihat potensi perubahan dan adaptif menjadi kemampuan yang harus dimiliki jika ingin bertahan.


2. Uncertainty (Ketidakpastian)

Ketidakpastian terjadi ketika kurangnya informasi yang didapatkan. Untuk itu, coba carilah informasi dengan mendengarkan kebutuhan dan masalah yang dihadapi pasar ataupun audiens Anda. Olah hal tersebut menjadi sebuah solusi yang bisa Anda tawarkan.


3. Complexity (Kompleksitas)

Kompleksitas menyebabkan semuanya tampak rumit dan sulit memahami penyebab masalah secara langsung. Kebijaksanaan sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi semua komponen sehingga pertimbangan yang matang, komunikasi, kolaborasi serta kerja sama tim harus terjalin dengan baik.


4. Ambiguity (Ambiguitas)

Keadaan ini diartikan ketika semuanya tampak membingungkan atau menyesatkan. Lantas solusi untuk situasi seperti ini ialah ketangkasan. Jadikan situasi ini sebagai momentum untuk melakukan uji coba. Dari sini, Anda dapat memperoleh gambaran jelas mengenai solusi yang cocok dan dibutuhkan.


Dengan mengenali VUCA, Anda dapat mempersiapkan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga peluang Anda bertahan bahkan menciptakan karya dan inovasi yang memukau akan jauh lebih besar.


Sumber artikel: www.kitalulus.com


7 views0 comments