Search
  • News and Updates

Apa Manfaat Talent Mapping Bagi Perkembangan Perusahaan?


Talent mapping adalah teknik yang memetakan keterampilan dan kemampuan individu, menilai kinerja dan potensi mereka serta mencocokannya dengan strategi perencanaan tenaga kerja untuk menyeimbangkan talent dan kebutuhan organisasi.


Talent mapping memungkinkan perusahaan untuk menentukan strategi perekrutan perusahaan di masa depan. Ini mencakup hal-hal seperti keperluan promosi, kemungkinan kebutuhan rekrutmen jangka pendek dan panjang, serta pengembangan talent yang ada untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di masa depan.


Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan talent mapping, ketahui dulu apa yang ingin dicapai perusahaan dan kapan hal tersebut ingin dicapai. Ini dilakukan karena talent mapping akan menjadi bagian untuk mendukung strategi perencanaan perusahaan tersebut.

Manfaat talent mapping bagi perusahaan


1. Mendorong keterlibatan karyawan

Talent mapping memang kerap digunakan untuk menganalisa karyawan yang ada di perusahaan atau di talent pool perusahaan dalam menentukan strategi rekrutmen di masa depan. Namun, di luar ini hasil analisa dari talent mapping juga menawarkan peluang untuk meningkatkan keterlibatan karyawan yang ada di perusahaan.

Karyawan pun bisa memahami bahwa sebenarnya ada peluang bagi mereka untuk menyadari potensi yang mereka miliki.


2. Mengurangi waktu untuk merekrut karyawan

Melakukan talent mapping pada karyawan internal akan membantu mengidentifikasi kesenjangan bakat yang ada saat ini dan di masa depan sehingga perusahaan tahu keterampilan seperti apa yang perlu diprioritaskan dari kandidat dalam aktivitas rekrutmen ke depannya.


Selain itu melakukan talent mapping pada talent pools juga membantu mengetahui di mana kandidat yang dibutuhkan tadi dapat ditemukan.


Dengan begini perusahaan dapat menghemat waktu yang dihabiskan dalam perekrutan. Semakin berkurang waktu yang dihabiskan untuk rekrutmen semakin berkurang pula biaya yang dihabiskan.


3. Membantu mengidentifikasi karyawan jangka pendek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, talent mapping dapat mengetahui banyak hal dari karyawan yang dimiliki saat ini. Perusahaan bisa melihat siapa saja karyawan yang produktif dan siapa saja yang mengalami penurunan performa.


Dari penurunan performa tersebut bisa dilihat apakah karyawan telah kehilangan motivasi dan komitmen mereka untuk peran yang sedang dijalani.


Sehingga dari data ini perusahaan dapat mengidentifikasi calon-calon karyawan yang berpotensi meninggalkan perusahaan dalam jangka pendek dan menganalisa kesenjangan talent yang mungkin bisa muncul di masa depan. Dengan meningkatkan strategi rekrutmen bisa ditingkatkan di masa mendatang.


4. Membantu pengambilan keputusan

Talent mapping jelas akan membantu perusahaan mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengembangan karyawan. Misalnya, saat tidak menemukan kandidat karyawan yang potensial, perusahaa dapat melakukan rekrutmen internal seperti Internal Job Posting (IJP) karena mengetahui karyawan-karyawan mana yang dapat menangani peran baru yang dicari tersebut.


5. Mengumpulkan wawasan tentang pasar

Setelah talent mapping dilakukan secara internal untuk mengidentifikasi kesenjangan talent yang ada dan peluangnya di masa depan, perusahaan dapat melakukan hasilnya untuk melakukan perbandingan demi mengumpulkan wawasan tentang kapabilitas dari para pesaing.


Misalnya bagaimana pesaing menyusun tim dan struktur organisasinya, menyelidiki tren kompensasi dan tunjangan yang ada dan melihat bagaimana rencana pelatihan dan pengembangan karyawan mereka.


Dengan mengumpulkan wawasan ini, recruiter dapat memiliki pandangan yang lebih holistik tentang kebutuhan talent di pasaran.


6. Membangun eksternal branding

Salah satu manfaat lain dari talent mapping adalah menunjang strategi branding perusahaan.


Pasalnya, melakukan internal talent mapping dapat menghasilkan keterlibatan karyawan yang lebih baik sehingga dapat menunjang employer brand dan reputasi perusahaan secara umum. Hal ini juga diperlukan untuk menarik kandidat berkualitas tinggi ke dalam perusahaan.


*Sumber artikel: Ekrut "6 Manfaat Talent Mapping Bagi Perkembangan Perusahaan"

*Sumber foto: NTT Data

29 views0 comments

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.