Search
  • News and Updates

Bagaimana Mengubah Peningkatan Tanggung Jawab di Tempat Kerja Menjadi Peluang Diri?



Seiring progres di sepanjang jalur karier Anda, wajar jika Anda dipercaya untuk tanggung jawab pekerjaan yang semakin meningkat. Setelah Anda dapat membuktikan bahwa Anda dapat menangani beban kerja ekstra, lebih banyak opsi akan tersedia bagi Anda untuk memajukan karier Anda. Jika Anda dipekerjakan di tingkat junior tetapi sedang mengerjakan beban kerja (dan berhasil) di tingkat menengah atau senior, kemungkinan besar hal ini akan jadi perhatian manajemen terhadap kemampuan dan kontribusi Anda.


Alternatifnya, jika Anda bekerja dalam organisasi yang lebih ramping atau perusahaan rintisan yang lebih kecil, Anda memperoleh kesempatan untuk terpapar pada lebih banyak tugas dan peluang yang mungkin tidak Anda dapatkan dengan perusahaan lain selama beberapa tahun lagi. Ini dapat meningkatkan CV Anda dan yang lebih penting keahlian Anda secara keseluruhan.


Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi pekerjaan yang meningkat, namun tetap mempertahankan kualitas tingkat tinggi.


Lukis gambaran besarnya

Miliki kerangka berpikir yang benar. Ketika diberi lebih banyak tanggung jawab di tempat

kerja, anggap itu sebagai kesempatan untuk mengambil langkah positif ke depan dalam karier Anda, bukan sebagai beban.


Ini adalah waktu Anda untuk menunjukkan kepada manajemen Anda bahwa Anda siap menerima tanggung jawab yang lebih besar dalam tim dan perusahaan Anda secara keseluruhan. Sadarilah bahwa tanggung jawab yang meningkat di awal karir mempercepat akselerasi Anda dan mencapai target lebih cepat.


Siap dan dapat diandalkan

Pastikan tim dan atasan Anda tahu bahwa Anda siap untuk peran yang lebih besar. Tingkatkan kredibilitas Anda dalam peran kerja saat ini. Bekerjalah untuk memenuhi target dalam tenggat waktu yang ditentukan. Setelah kepercayaan atasan Anda diperkuat, beri tahu dia bahwa Anda siap untuk lebih.


Jadilah proaktif

Jangan menunggu untuk ditanya. Ambil langkah pertama pada proyek baru. Lebih mudah untuk bertindak pertama kali dan meminta maaf kemudian, daripada menunggu permintaan atau meminta izin.


Tawarkan bantuan

Carilah rekan satu tim yang sedang berjuang dengan beban kerja mereka. Berikan waktu dan masukan secara sukarela untuk membantu mereka. Jangan mengambil kredit di sini karena Anda akan kehilangan kepercayaan rekan kerja nantinya. Ketahuilah kontribusi dan sikap Anda akan diperhatikan. Setelah tim Anda mempercayai Anda, akan lebih mudah bagi mereka untuk menerima kepemimpinan Anda.


Berikan solusi

Saat tim Anda sedang berjuang dengan suatu masalah, pastikan Anda hadir memberikan solusi. Tawarkan untuk mengambil bagian dalam kerjaan agar dapat memberikan hasil. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk memenangkan tantangan berulang kali dalam waktu singkat selain belajar dan berkembang dengan setiap masalah yang terselesaikan.


Tambah ilmu baru

Belajar keahlian baru yang belum dikuasai anggota tim Anda. Investasikan waktu dalam pembelajaran ekstensif di area itu dan jadilah ahlinya. Tim Anda akan belajar untuk mengandalkan Anda terhadap informasi atau solusi apa pun pada area tersebut dan Anda akan menciptakan peran serta tanggung jawab baru. Jadikan diri Anda tidak terhingga nilainya.


Kembangkan jaringan

Koneksi sama pentingnya dengan peluang. Setiap kali Anda mengambil tanggung jawab tambahan dalam ti atau tim lintas fungsi, Anda akhirnya akan bekerja sama dengan beragam orang. Ini adalah jaringan profesional Anda yang sebenarnya dan saat koneksi meningkat, potensi untuk mengembangkan karir akan berlipat ganda.


Hadapi atasan Anda

Tanggung jawab yang lebih besar berarti lebih banyak eksposur kepada atasan dan peluang untuk mengerjakan proyek yang penting baginya. Lebih banyak waktu tatap muka dan rapat diterjemahkan ke dalam pembelajaran dari pengalaman atasan Anda, cara baru untuk memecahkan masalah, dan inilah peluang untuk menunjukkan kemampuan Anda.


Tunjukkan kepada atasan Anda bahwa dia dapat mendelegasikan tugas-tugas penting kepada Anda sampai selesai tanpa harus diawasi.


Nikmati!

Dengan tanggung jawab lebih besar, ada peningkatan manfaat. Anda mungkin diundang untuk konferensi tahunan di luar negeri, diminta untuk mempresentasikan kepada Dewan, memimpin rapat dengan CEO klien atau diberi asisten. Nikmati keistimewaan ini.


Carilah juga hal-hal yang Anda suka lakukan. Anda bisa menjadi sukarelawan untuk menyelenggarakan turnamen futsal perusahaan atau memimpin kampanye tanggung jawab sosial perusahaan. Niscaya aktivitas ini akan membuat motivasi Anda tetap tinggi.

63 views

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.