Search
  • News and Updates

Berbagai Cara untuk Menantang Diri Sendiri Agar Menjadi Lebih Bersinar


Jika Anda ingin mengubah hidup, pertama Anda harus jujur. Jujur tentang hidup Anda, tujuan Anda, hubungan Anda, dan pada akhirnya kebahagiaan. Jika Anda merasa sampai di titik terlelah, Anda berarti perlu perubahan.


Banyak dari Anda mungkin ingin waktu lebih untuk membaca, pergi ke gym, mengurangi konsumsi makanan cepat saji, karir yang lebih cemerlang, berkeliling dunia, menambah pundi-pundi rekening tabungan, menjalin pertemanan baru, menjalin hubungan yang lebih baik. Ada banyak hal dalam menjadi manusia, dan sejujurnya, terkadang hal-hal tersebut memang melelahkan.


Menantang diri sendiri dan menghentikan kebiasaan lama, mungkin terdengar lebih mudah dari yang Anda pikirkan.


Cobalah ide-ide ini. Mungkin salah satu dari hal ini akan membalik skenario kehidupan sehari-hari Anda dan membantu memberikan pandangan baru tentang diri Anda.


1. Baca buku yang berbeda

Alih-alih membaca apa pun yang ada di daftar Buku Terlaris, cobalah buku fiksi dan coba menaruh perhatian kepada buku-buku dari penulis baru. Biasanya ada keajaiban di sana, dan Anda dapat menemukan katalog baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk Anda sukai, ditambah dengan referensi yang lebih luas akan penulis-penulis baru.


2. Buatlah waktu untuk berkoneksi dengan orang lain (secara virtual)

Physical distancing tentu telah menyulitkan Anda untuk bergaul, tetapi hal ini tidak boleh menghentikan Anda untuk terhubung. Pertimbangkan untuk mengadakan aktivitas temu virtual bersama orang-orang terdekat Anda. Dengan kekuatan teknologi, Anda masih bisa menikmati banyak hobi favorit bersama-sama dari kenyamanan rumah Anda.


3. Melakukan hal kreatif

Salah satu cara terbaik untuk membuka pikiran adalah dengan menciptakan seni. Kapan terakhir kali Anda duduk dan menggambar? Kapan terakhir kali Anda menggambar untuk diri sendiri? Mungkin sudah lama sekali. Jika Anda bukan seniman sketsa, ada buku mewarnai untuk dewasa dan buku yang mengajarkan origami, ditambah ada YouTube yang memiliki video yang mengajarkan hampir semua hal terkait kreativitas.


4. Berolahraga dengan intens

Jika ada satu hal yang dapat memberikan hasil langsung, itu adalah olahraga. Secara biologis, manusia memang ditakdikan untuk bebas bergerak. Itu dikodekan dalam DNA kita. Manusia dirancang untuk selalu bergerak, melakukan berbagai hal dengan tubuh. Maraton series favorit memang luar biasa, tetapi tidak dilakukan dalam jangka panjang. Kita harus tetap bergerak, tetap berolahraga.


5. Keluarlah dari zona nyaman

Salah satu kelebihan untuk menjauh dari zona nyaman adalah menciptakan dorongan kreativitas Anda. Jika Anda kreatif di bidang apa pun, sangat penting untuk membaca berbagai hal, mendengarkan musik baru, atau mencoba media yang berbeda dengan karya seni Anda. Mempelajari keterampilan baru dan mencari pengalaman baru dapat menginspirasi kita untuk mencoba pendekatan berbeda lebih dari apa yang sudah pernah kita raih.


6. Putuskan hubungan dari gadget

Direkomendasikan untuk meletakkan berbagai gadget Anda saat sedang menikmati waktu luang. Tantang diri Anda sendiri untuk membatasi arus informasi 24/7 dalam beberapa saat.

Taruh smartphone Anda di dalam mobil saat mampir ke toko atau biarkan di atas meja saat Anda sedang menonton televisi, menonton film atau membaca buku.


7. Cari mentor

Mungkin inilah saatnya Anda mencari sosok mentor untuk membimbing Anda baik di kehidupan pribadi maupun profesional. Seorang mentor dapat membantu Anda memahami hambatan dan menawarkan solusi untuk mengambil jalan yang tepat. Bimbingan datang dalam berbagai bentuk, dan dengan membuka diri kepada seseorang mungkin akan ada manfaat yang nyata.


*Sumber artikel: The One Thing “Ten Ways to Challenge Yourself and Find Real Improvement”

*Sumber foto: Olav Ahrens via Unsplash

26 views0 comments

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.