top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Bukan Sekadar Menambang, Tapi Tumbuh Bersama MasyarakatKonten ini telah tayang di Kompasiana.com

Artikel pertama kali diterbitkan oleh: https://www.kompasiana.com/infomuratara

Pada tanggal: 9 Desember 2023


Warga antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Belani, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (9/12/2023). 

Kegiatan yang berlokasi di SMP Negeri Belani ini dilaksanakan perusahaan tambang batubara PT Barasentosa Lestari (BSL) bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Puskesmas setempat. 


Kepala Teknik Tambang dan General Manager Operasional PT BSL, Petra Parulian Tambunan mengatakan, pengobatan gratis ini merupakan program Community Development (ComDev) perusahaannya di bidang kesehatan.


"Ada beberapa program ComDev atau pengembangan masyarakat yang kita lakukan, salah satunya di bidang kesehatan. Ada juga di bidang pendidikan, ekonomi kreatif, maupun infrastruktur," katanya. 


Petra mengatakan, PT BSL hadir di Kabupaten Muratara bukan hanya menjadi perusahaan untuk sekedar menambang, tetapi juga bertumbuh bersama masyarakat terutama di sekitar wilayah beraktivitas. 


"Kita juga mau masyarakat di sekitar kita sehat, ini bukan hanya sekali ini saja, tapi akan berkelanjutan, rencananya akan dilaksanakan secara rutin, insyallah dua kali setahun," katanya. 


Petra mengungkapkan, kegiatan pengobatan gratis ini merupakan perdana mereka lakukan, sehingga yang dihadirkan baru dokter-dokter umum.


"Kalau untuk sekarang kita masih pengobatan umum, nanti kedepannya akan kita pikirkan mungkin kita hadirkan dokter-dokter spesialis. 


Ini pertama kali kita laksanakan, kalaupun ada kekurangan akan kita lengkapi pada kegiatan-kegiatan selanjutnya," kata Petra. 


Dia menambahkan, selama ini PT BSL ikut terlibat dalam kegiatan menekan kasus stunting terutama di wilayah lingkar tambang untuk mendukung program pemerintah pusat. 


"Selama ini kita terlibat dalam kegiatan menekan kasus stunting, kedatangan para tenaga medis ini juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stunting," katanya.


Sementara itu, Plt Camat Rawas Ilir, Husin menyampaikan pemerintah sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut karena sangat membantu masyarakat di bidang kesehatan.


"Harapan kami kegiatan ini menjadi agenda rutin, kami juga berterima kasih kepada PT BSL dan Yayasan Tzu Chi karena peduli dengan kesehatan masyarakat kami," katanya.


Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Bukan Sekadar Menambang, Tapi Tumbuh Bersama Masyarakat", Klik untuk baca:

Kreator: Info Muratara

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com


6 views0 comments

Comentários


bottom of page