top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

CHALLENGE TERAKHIR – 20th INDONESIAN FIRE AND RESCUE CHALLENGE (IFRC) TAHUN 2023


Agenda pada hari Jum’at, (8/9/2023) yaitu melaksanakan satu challenge yaitu : Firefighter Combat Challenge (FCC). Ke dua puluh empat Tim Peserta akan menunjukkan aksi terbaiknya pada challenge kali ini.


Dimulai dengan rangkaian apel pagi, peserta diberikan arahan untuk mempersiapkan fisik, mental, dan stamina yang baik. Dikarenakan pada challenge ini memiliki load yang cukup berat dan sangat membutuhkan persiapan. Namun, terlihat pada raut wajah yang menggambarkan semangat yang menggebu sehingga yakin seluruh Tim Peserta dapat menyelesaikan challenge dengan maksimal.



Firefighter Combat Challenge (FCC) adalah sebuah kompetisi olahraga yang dirancang khusus untuk petugas pemadam kebakaran. FCC menampilkan serangkaian tantangan fisik yang mensimulasikan situasi kebakaran dan tugas-tugas yang harus dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran dalam keadaan nyata.


Dengan rangkaian challenge yang cukup menantang, Tim Perserta wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat melakukan aktivitas swimming dan climbing. Seperti helm, baju renang, booties untuk swimming dan helm, baju tim, dan sepatu panjat untuk climbing.

Selain APD, aspek safety yang perlu diperhatikan lainnya yaitu masing-masing pos akan diawasi oleh satu juri atau lebih untuk memastikan rintangan yang dilalui aman, juri akan menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh peserta tim jika terdapat Tindakan Tidak Aman (TTA) dan Kondisi Tidak Aman (KTA). Tim dapat melanjutkan kembali jika TTA dan KTA sudah diperbaiki atau sudah mendapat arahan dari juri untuk dilanjutkan, Tim Peserta akan didiskualifikasi jika mengetahui menggunakan doping atau obat-obatan terlarang lainnya, dan semua tim wajib menyelesaikan challenge dengan aman dan selamat.


Seluruh Tim Peserta telah menyelesaikan rangkaian Firefighter Combat Challenge (FCC) dengan baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh 5 (lima) tim dengan waktu menyelesaikan challenge paling cepat antara lain PT Putra Perkasa Abadi dengan waktu 08:25, PT Borneo Indobara – A dengan waktu 08:55, PT Kaltim Prima Coal dengan waktu 09:12, PT Antareja Mahada Makmur dengan waktu 09:24, dan PT Freeport Indonesia dengan waktu 09:41.

Sebagai penutup disediakan live music yang berada di panggung hiburan Fire Ground Kusan (FGK) sembari berkumpul untuk makan malam bersama. Antar Tim Peserta dapat bercengkerama dan saling mengenal untuk memperluas silaturahmi.

2 views0 comments
bottom of page