Search
  • News and Updates

Global Talent Mobility: Strategic Talent Development, Key Elements, Benefits


Global Talent Mobility telah menjadi bagian penting dari strategi talent management sebuah organisasi atau perusahaan. Relokasi talenta yang didorong oleh peningkatan karir kini telah menjadi semacam business-as-usual yang mengharuskan perusahaan menyelaraskan mobilitas tenaga kerja – bahkan sampai ke tingkat global – demi mencapai hasil bisnis yang lebih baik.


Selain itu, tujuan dari program Global Talent Mobility ini adalah untuk memperkaya pengalaman bekerja dalam lingkungan global, sehingga karyawan memiliki pengalaman dan pengetahuan baru yang akan menambah keahlian serta kompetensi mereka, dan dapat berkontribusi lebih besar lagi sekembalinya mereka ke internal perusahaan.


Bagi perusahaan yang progresif, strategi dan taktik spesifik ini adalah upaya dalam mengelola talenta-talenta terbaik mereka di lingkup global – yang mana memungkinkan perusahaan tidak hanya merekrut sekaligus mempertahankan orang-orang terbaik, namun juga meningkatkan kepuasaan perjalanan karir karyawan.


Terdapat tiga strategi imperatif dalam menjalankan Global Talent Mobility bagi sebuah perusahaan:


1. Siapkan talenta terbaik untuk ekspansi global

Identifikasi karyawan berpotensi tinggi mana yang akan menjadi prioritas utama untuk penugasan internasional. Pastikan juga mereka mempunyai pengetahuan spesifik, kapabilitas sebagai pemimpin, dan motivasi personal yang besar.


2. Ciptakan kultur internasional

Hal ini bisa diciptakan melalui adanya transparansi nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Jangan lupakan juga bersikap terbuka terhadap arus informasi dan proses pelatihan.


3. Kembangkan pelatihan terbaik

Sebarluaskan praktik terbaik di berbagai titik operasional, hilangkan kompleksitas yang tidak perlu dan rancang program mobilitas yang ideal melalui akselerasi teknologi yang berkelanjutan.


Tentunya, terdapat berbagai keuntungan dari program ini baik dari sisi karyawan dan perusahaan, seperti diantaranya:


Karyawan

 Ekspansi karir profesional.

 Pengalaman premium di skala internasional.

 Peluang promosi terbuka lebih besar sekembalinya dari menjalankan program Global Talent Mobility, dan lebih dipersiapkan menjadi pemimpin masa depan.

 Investasi jangka panjang perusahaan.

 Mempunyai pengalaman tinggal di luar negeri bersama keluarga sehingga membuka akses kepada kultur baru Perusahaan.


Perusahaan

 Silang pembelajaran (cross learning).

 Sejatinya menciptakan organisasi global yang terpadu.

 Memiliki pemimpin masa depan berkaliber internasional.

 Employer branding.


Sinar Mas Mining telah menjadi salah satu dari tiga produsen pertambangan batubara teratas di Indonesia dalam waktu kurang dari 10 tahun. SMM telah berinvestasi di beberapa saham strategis di tambang batu bara kokas dan emas di Australia; karenanya SMM berinvestasi dalam inisiatif Global Talent Mobility agar dapat "bertukar" talenta antara 2 negara dalam 12 bulan ke depan.


*Mari bergabung dalam seminar online SMM yang membahas “Global Talent Mobility” tanggal 12 November 2020 melalui tautan registrasi berikut https://tinyurl.com/smmegonzehnder



36 views

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.