Search
  • News and Updates

Internal Job Posting (IJP): Apa, Kenapa, Bagaimana dan Kapan

Job posting merupakan strategi yang dapat membantu proses rekrutmen. Job posting pun biasa dilakukan dalam berbagai tipe, salah satunya adalah Internal Job Posting (IJP). IJP merupakan proses mengisi lowongan dalam suatu perusahaan dari tenaga kerjanya yang ada.


Perusahaan saat ini menggunakan rekrutmen internal untuk mengisi peran dalam bisnis mereka yang paling cocok untuk memiliki pandangan atau pengetahuan orang dalam, serta mendorong kesetiaan dan rasa kemajuan bagi karyawan. Perekrutan internal merupakan aspek penting dari bisnis apa pun karena dapat menghemat waktu, uang, dan sumber daya.


Program Internal Job Posting (IJP) di lingkup Sinar Mas Mining pun saat ini sudah gencar dilakukan. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita mengetahui lebih dalam apa sebenarnya yang mendasari program IJP, bagaimana mekanismenya dan manfaatnya bagi karyawan Sinar Mas Mining. Untuk menjawab hal-hal di atas, tim editorial Connector News mewawancara Mirna Oktaviani dari departement Talent Acquisition & Development via surel. Silakan simak hasil wawancaranya berikut.

Bisa tolong jelaskan apa sebenarnya program IJP di Sinar Mas Mining ini?

IJP atau Internal Job Posting adalah program penginformasian secara terbuka posisi jabatan yang dibutuhkan dan akan dipenuhi secara internal di dalam perusahaan (internal hiring). Media jalur komunikasi internal diantaranya email, portal, desktop Laptop/PC, media sosial, dan digital signage.

Terkait timeline program, bagaimana siklus pembagian waktunya secara holistik?

Kami melakukan pembaruan posisi yang dibuka dalam IJP setiap minggu. Untuk prosesnya, perkiraan waktu untuk screening adalah 15 hari, seleksi 25 hari, offering 4 hari. Sehingga total hiring adalah 44 hari. Setelahnya masih terdapat proses transisi pekerjaan 1-3 bulan untuk jabatan dibawah manajer, dan maksimum waktu 6 bulan untuk jabatan manajer dan lebih tinggi yang dilakukan kepada atasan langsung/PIC yang ditunjuk.

Bagaimana awal mula program IJP, apa saja hal-hal yang mendasari program ini?

Hal yang mendasari adalah dari berbagai sisi, baik dari sisi karyawan, bisnis dan manajemen, sebagai berikut:

1. Pengembangan karir dan penempatan talenta di posisi yang tepat dapat menunjang pencapaian sasaran organisasi dan mempertahankan (retention) talenta unggul tersebut. 2. Memastikan rotasi yang berkualitas, objektif, dan inclusive sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 3. Menampung aspirasi kerja karyawan dengan menginformasikan secara terbuka peluang untuk pemenuhan posisi secara internal agar karyawan memiliki sarana dan media dalam menyampaikan minat dan aspirasi kerjanya. 4. Mendorong timbulnya budaya yang berorientasi pada kinerja (high performance culture).

Siapa saja yang boleh berpartisipasi dalam program IJP? Ada kriteria tertentu?

Ada 3 kriteria karyawan yang boleh berpartisipasi, yaitu:

Kriteria 1: Karyawan yang sudah menduduki posisi saat ini minimal 3 tahun. Kriteria 2: Karyawan yang menduduki posisi sama kurang dari 3 tahun, akan dilakukan coaching, serta dipertimbangkan performa kinerja dan sertifikasi minimal 2 - 4 pilar tergantung level jabatan saat ini.

Kriteria 3: Bagi karyawan yang pernah mengikuti development program (GDP, MDP, ECDP, LDP, SLDP, FADP).

Di mana karyawan bisa mengakses informasi terkait IJP?

Silakan kunjungi https://connector.sinarmasmining.com. Setelah login dan klik di bagian IJP maka akan keluar info-info ketentuan, FAQ dan posisi-posisi yang sedang dibuka di IJP.

Terakhir, apa harapan ke depan untuk karyawan maupun perusahaan dengan adanya program IJP?

Semakin banyak karyawan yang mengetahui dan mengikuti program IJP yang sesuai dengan aspirasi karirnya sehingga tercipta budaya yang berorientasi pada kinerja.

345 views

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.