top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Mengenal ‘Internal Movement’ dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Produktivitas Karyawan


Internal movement atau perpindahan internal adalah hasil dari perubahan pekerjaan internal karyawan di dalam suatu organisasi, baik melalui tindakan rotasi atau promosi. Banyak organisasi atau perusahaan menganggap gerakan internal sebagai kontributor positif bagi pengembangan karyawan, di mana karyawan naik ke posisi dengan tanggung jawab yang lebih besar atau bergerak ke samping untuk mendapatkan pengalaman fungsional atau unit bisnis tambahan yang bermanfaat.


Pada fase ini, perusahaan akan menemukan bahwa inisiatif pergerakan internal yang cepat dapat memberikan banyak keuntungan di dalam 5 kategori besar, sebagaimana diuraikan dalam poin-poin berikut:


1. Peningkatan terukur pada area inovasi

Internal movement dapat meningkatkan inovasi karena meningkatkan kerja sama silang antar tim dan unit bisnis. Selama rotasi, kedua tim mempelajari inovasi baru yang diterapkan pada tim masing-masing. Hal ini dapat membuat mereka bersemangat, belajar hal baru, dan menurunkan probabilitas turnover.


2. Mengembangkan proses pembelajaran secara signifikan

Penelitian internal oleh Google menemukan bahwa sebagian besar pembelajaran terjadi di tempat kerja. Selain itu, meningkatkan pembelajaran karyawan melalui rotasi memungkinkan karyawan Anda mengikuti perubahan dunia yang cepat di sekitar mereka.


3. Perpindahan internal dapat meningkatkan produktivitas tim dan individu

Pergerakan ini tentunya bagus untuk menambah network, kompetensi individual, rasa kooperatif, yang mana akan berujung kepada akelerasi produktivitas.


4. Menaikkan angka retensi

Manfaat penting lainnya dari perpindahan internal adalah bahwa perusahaan dapat memiliki dampak yang terukur pada peningkatan retensi.


5. Meningkatkan motivasi kerja

Internal movement dapat meningkatkan kebahagiaan, keterlibatan, dan motivasi karyawan, sementara pada saat yang sama mengurangi kebosanan.


*Sumber: TLNT.com “Internal Movement – The Ultimate Productivity, Development and Retention”

552 views0 comments
bottom of page