top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Pembibitan Tanaman PT Hutan Rindang Banua untuk Revegetasi PT Borneo Indobara



PT. Hutan Rindang Banua selama ini telah melakukan Kemitraan Pembibitan Tanaman Hutan Bersama masyarakat. Bibit hasil kemitraan tersebut digunakan untuk supply bibit ke Revegetasi dari PT BIB dan juga kegiatan penanaman PT HRB. Salah satunya adalah kemitraan pembibitan tanaman kehutanan dengan BUMDES “TIRTA AMAERTA JAYA GMT” di Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

Revegetasi sendiri merupakan bagian dari kegiatan reklamasi diartikan sebagai usaha atau kegiatan penanaman kembali pada lahan bekas tambang. Revegetasi lahan pascatambang pada dasarnya bertujuan untuk memulihkan ekosistem yang sudah terganggu.


Foto Tanaman Revegetasi HRB di PT BIB (23/05/2023)


“Jadi BUMDES TIRTA AMERTA JAYA GMT ini merupakan salah satu mitra dari PT. HRB dalam program pembibitan kehutanan diantaranya tanaman akasia, tanaman MPTS buah-buahan (durian, cempedak, manga, jengkol, petai dan lain-lain), kemudian nanti dari hasil pembibitan BUMDES TIRTA AMERTA JAYA GMT ini diambil hasilnya oleh nursery PT BIB dan penanaman PT. HRB, sedangkan keuntungan dengan masyarakat adalah kemitraan ini bisa untuk pemberdayaan kepada masyarakat disekitar dengan hasil dari kemitraan tersebut kita beli tentu akan meningkatkan ekonominya” Hal tersebut dijelaskan oleh Agus Tri Handaka CSR PT. HRB.

Sedangkan Ketua BUMDES TIRTA AMERTA JAYA GMT, Wayan Subur mengatakan “Untuk masalah tenaga kerja kita akan memakai tenaga kerja warga setempat untuk untuk menambah pendapatan dan kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Perusahaan PT. HRB telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa bekerjasama dalam pembibitan ini sehingga kami bisa menambah pemasukan dari segi ekonomi khususnya kelompok tani kami”


Tim Eksternal & CSR PT. HRB Ketika bincang-bincang dengan Kepala Desa TRI MARTANI


Sementara itu Mardiyanto selaku Kepala Desa TRI MARTANI “kami memberikan dukungan penuh atas kegiatan Nursery yang bekerjasama dari PT. HRB dengan Bumdes Tirta Amerta Jaya GMT di Desa kami”

Berkaitan dengan kemitraan dengan Bumdes Tirta Amerta Jaya GMT Pimpinan Tim Eksternal PT HRB H. Mahlan, SP. Menjelaskan “Bumdes Tirta Amerta Jaya sebagai badan usaha milik Desa Timartani, sehingga kemitraan bibit tanaman kehutanan & MPTS yang akan kita tanam dilahan revegetasi PT. BIB itu merupakan bentuk kepedulian dan pemberdayaan masyarakat oleh PT. HRB, dimana Bumdes mempekerjakan tenaga kerja local setempat ( terutama ibu ibu ) sehingga menambah penghasilan keluarga”

Selain dengan BUMDES Trimartani, PT HRB juga melakukan kemitraan pembibitan tanaman kehutanan dengan BUMDES Jaya Abadi Desa Girimulya Kec. Kuranji Kab. Tanah Bumbu dan kemitraa pupuk kompos dengan BUMDES Jaya ABdi Desa Mustika Kec. Kuranji Kab. Tanah Bumbu.


Foto. Kiri – Persemaian / Pembibitan Tanaman Kehutanan BUMDES JAYA ABADI Desa Girimulya Kec. Kuranji. Kanan – Pengiriman kompos ke nursery PT BIB oleh mitra HRB yaitu BUMDES JAYA ABADI Desa Mustika Kec. Kuranji


PT. Hutan Rindang Banua merupakan pemegang izin PBPH HTI (Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan HTI) dengan konsesi seluas + 247.000 Ha. PT HRB juga mengoperasikan Pabrik Plywood di Desa Sebamban Baru yang mampu menyerap tenaga kerja lokal sekitar 100 – 150 orang.

Untuk penamanan HTI PT HRB sendiri tersebar di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan diantaranya site Kintap, site Teluk Kepayang, site Pamukan, site Sebamban dan Site Riam Kiwa.

Selain PT. HRB melakukan kegiatan penanaman hutan, juga melakukan beberapa kegiatan diantaranya :

  1. Industry Plywood;

  2. Ternak Sapi di site Sebamban diperuntukan untuk masyarakat sekitarnya;

  3. Sebagai Pelaksana Rehab DAS dari PT. BIB, PT. BC, PT TKS dan PT. Adaro;

  4. Melakukan Kemitraan Pembibitan Tanaman Kehutanan (Nursery);

  5. Melakukan Revegetasi dalam kegiatan Reklamasi;

  6. Kemitraan Kehutanan Penanaman Hutan bersama masyarakat sekitar hutan

255 views0 comments
bottom of page