Search
  • News and Updates

Penting, Ketahui 8 Tren yang Membentuk Transformasi Digital di Tahun 2021


Dengan dunia yang semakin bergantung pada domain digital, peran IT pun menjadi lebih penting dari sebelumnya. Organisasi berada dalam situasi dengan tuntutan yang meningkat agar tetap kompetitif dan menciptakan pengalaman kerja yang selalu terhubung. Menurut laporan MuleSoft Connectivity Benchmark, berbagai proyek IT diproyeksi tumbuh hingga 40%; dan 82% bisnis meminta departemen IT mereka untuk mengakselerasikan pengalaman pengguna yang terhubung.


Berdasarkan laporan dan temuan dalam riset tersebut, berikut adalah 8 tren teratas yang membentuk transformasi digital pada tahun 2021.


1. Budaya digital-ready

Organisasi berada di bawah tuntutan yang lebih besar untuk mendigitalisasikan berbagai macam layanan, ekosistem kerja dengan cepat dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan dan/atau pekerja yang meningkat serta diharapkan dapat menciptakan kanal pendapatan baru.


2. Demokratisasi inovasi

Lini bisnis sedang mencoba mengembangkan pengalaman pengguna digital lebih cepat. IT perlu mendorong perubahan budaya dengan memberdayakan bisnis dan memberikan solusi lebih cepat.


3. Application Programming Interface (API) untuk menciptakan ekosistem terintegrasi

Hiper-spesialisasi telah menciptakan gelombang besar aplikasi, yang mengarahkan organisasi untuk beralih ke perusahaan yang dapat disusun menjadi lebih gesit (agile) di mana performa digital terdiri dari aplikasi menggunakan API yang sudah ada, daripada dibangun dari awal setiap saat.


4. Otomatisasi

Organisasi menggunakan otomatisasi untuk mendorong efisiensi operasional dan meningkatkan proses bisnis. API adalah kunci untuk mendorong otomatisasi dan produktivitas pen-skala-an.


5. Keamanan API

Perusahaan tentunya memiliki banyak sekali aplikasi-aplikasi di dalamnya. Proliferasi end-point baru menciptakan pakem baru untuk intrusi, yang mana membutuhkan keamanan API yang kuat.


6. Layanan mikro

Organisasi beralih ke layanan mikro untuk membangun pengalaman pelanggan atau pengguna baru dengan cepat.


7. Pembagian data

Untuk mengimbangi ekspektasi bisnis yang terus berkembang, organisasi mencari cara yang lebih cepat untuk membuka data kunci dimana nantinya akan diserap sebagai wawasan atau informasi baru. 2021 adalah tahun di mana data dapat memisahkan satu organisasi dari para pesaingnya. Kemampuan untuk menganalisa dan menindaklanjuti data akan menjadi dasar menuju pertumbuhan organisasi serta bisnis.


8. Analisis data

Organisasi berinvestasi lebih besar ke analitik data. Nilai dari analitik data tersebut akan bergantung pada data yang mereka berikan.


Sinar Mas Mining dan Pegadaian (Persero) akan menggelar Seminar Online dengan tema “How to Lead a Successful Digital Transformation” pada hari Jumat, 5 Februari 2021 mendatang. Daftar segera via https://tinyurl.com/smmpegadaian


*Sumber foto: Ipopba | Getty Images

*Sumber artikel: ZD Net “Top 8 Trends Shaping Digital Transformation in 2021”

32 views0 comments

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.