Search
  • News and Updates

Ramadan Tiba! Yuk Siapin Berbagai Hal Berikut di Rumah agar Nyaman Menjalankan Ibadah Puasanya


Tentunya tahun ini pun kita akan tetap menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama bulan Ramadan. Dengan demikian, penting untuk menjaga rumah tetap nyaman dan bersih.

Selama bulan suci Ramadan, kebanyakan orang tidak akan menghabiskan waktu untuk bersih-bersih terlalu banyak karena alasan dehidrasi, menjadi lapar ataupun lelah.


Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan beberapa hal dalam menyambut Ramadan. Berikut beberapa kegiatan yang baiknya dipersiapkan untuk menciptakan rumah yang nyaman selama bulan puasa.


Atur kembali pakaian di dalam lemari

Mulailah mengatur isi lemari kembali dengan baik dengan memisahkan baju yang masih terpakai atau yang sudah tidak terpakai lagi. Masukkan beberapa kamper pengharum pakaian, agar seluruh isi lemari memiliki wangi yang segar saat digunakan kembali.

Untuk pakaian yang tidak terpakai namun masih layak, Anda bisa mendonasikannya kepada yang membutuhkan. Ingat Ramadan adalah bulan kebaikan dan kemurahan hati, jadi cobalah yang terbaik untuk memberi kepada mereka yang membutuhkan.


Cuci semua peralatan ibadah

Agar beribadah lebih nyaman, Anda perlu membersihkan semua peralatan untuk ibadah, seperti mukena, sarung, dan sajadah. Anda pun dapat memisahkan peralatan ibadah khusus shalat Tarawih. Anda dan keluarga lain tidak perlu lagi deh mencari-cari dan keluarga pun bisa fokus beribadah pada malam hari.


Beri perhatian pada area makanan

Area makan tentunya akan menjadi tempat favorit keluarga selama bulan Ramadan. Jadi, jangan abaikan area makan dengan mengatur kembali ruang makan Anda agar menjadi layak untuk disinggahi. Buat diri Anda dan keluarga merasa nyaman dengan mengatur kembali ruang makan.


Jangan lupakan area dapur

Penting untuk menjaga dapur agar bersih dan rapi saat memasak. Memberi label pada semua bumbu rempah-rempah akan meminimalkan kebingungan dan membantu Anda menemukan semuanya dengan cepat dan nyaman. Letakkan juga perkakas dapur yang biasa digunakan pada area yang mudah diakses.


Buat daftar menu buka puasa dan sahur

Rencanakan hidangan untuk buka puasa dan sahur setidaknya beberapa hari sebelum Ramadan untuk menghindari konsumsi waktu, stres, dan kebingungan. Pikirkan dulu tentang hidangan yang Anda dan keluarga sukai selama Ramadan, kemudian tuliskan bahan-bahan untuk belanja bahan makanan.


Siapkan beberapa makanan matang terlebih dulu

Jika Anda memiliki hari yang sibuk dengan pekerjaan dan anak-anak hingga tidak punya waktu menyiapkan makanan selama hari puasa, maka persiapkanlah masakan rumahan, kemudian pastikan menyimpannya di freezer untuk menghindari pembusukan atau deteriorasi.


Jaga kesehatan tubuh dan makan yang sehat

Saat berpuasa sebulan penuh, Anda dan keluarga memerlukan stamina terbaik agar menjalankan ibadah lebih nyaman dan fokus. Apalagi ini jadi tahun kedua masa pandemi COVID-19.


Oleh sebab itu sebelum memasuki bulan puasa, Anda dan keluarga sebaiknya memperhatikan kesehatan dengan menjalankan beberapa olahraga dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.


*Sumber artikel: Popmama “8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Suci Ramadan"

*Sumber foto: Foodal


8 views0 comments