top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

RESCUER GOES TO COMMUNITY – 20th INDONESIAN FIRE AND RESCUE CHALLENGE (IFRC) TAHUN 2023


Firefighter Combat Challenge (FCC) menjadi challenge terakhir dalam rangkaian challenge IFRC 2023. Pada hari Sabtu (9/10/2023) dilanjutkan dengan agenda Rescue Goes to Community. Dimana kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian masyarakat guna mendukung program nasional Desa Tangguh Bencana/DESTANA.

Tim Peserta mengikuti kegiatan ini dengan dibagi menjadi 9 kelompok masing-masing terdiri dari 2-3 Tim Peserta. Pada agenda ini akan mengunjungi 9 lokasi berbeda antara lain Balai Desa Mustika, Aula Desa Karang Indah, Aula Desa Mekar Jaya, SPMN 2 Angsana, SMAN 1 Angsana, Aula Desa Banjarsari, MTS Syarif Ali, SMPN 2 Sungai Loban, dan Damkar Sungai Danau.

Diawali dengan apel pagi, kemudian dilakukan briefing kepada semua Tim Peserta yang dipandu oleh koordinator kegiatan. Mobilisasi menuju tujuan masing-masing menggunakan kendaraan yang telah disiapkan oleh Tim Panitia.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan di lokasi masing-masing yaitu dimulai dengan pembukaan dan sambutan, penyampaian materi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)/Pemadaman Api, peragaan (demonstrasi) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)/Pemadaman Api, penyerahan cindera mata dari peserta, foto bersama, dan penutupan.


Pada sesi Kunjungan ke Pos Damkar Sungai Danau kegiatan berupa knowledge sharing oleh head assessor Pak Wawan Syafwanudin tentang metode, teknik dan peralatan pemadaman kebakaran, standar Alat Pelindung Diri (APD) petugas pemadam kebakaran, dan peragaan memakai perlengkapan fire fighting gear yang dilengkapi dengan alat pernapasan bertekanan udara atau Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) dan peralatan alarm peringatan bahaya yaitu personal alert safety system (PASS).


Pada saat penyampaian materi, audiens sangat antusias terhadap materi yang diberikan. Hal ini tentunya semakin menambah semangat Rescuer. Informasi yang diberikan, diharapkan dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Terutama pada saat terjadi kecelakaan atau kebakaran di lingkungan terdekat.

Rangkaian Rescue Goes To Community telah ditutup. Kemudian Seluruh Tim Peserta makan siang di lokasi masing-masing dan mobilisasi kembali menuju Fire Ground Kusan (FGK), PT Borneo Indobara (PT BIB), Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Pada malam harinya, disediakan live music di panggung hiburan FGK. Tim Peserta dapat merapat dan me-recharge energi untuk mempersiapkan kegiatan esok hari.

4 views0 comments

Comments


bottom of page