top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Seberapa Penting Employee Engagement Bagi Karyawan dan Perusahaan?



Definisi dari Employee Engagement

Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, ada istilah yang dikenal dengan Employee Engagement dan Employee Satisfaction. Kedua hal di atas sama-sama dinilai sebagai pendekatan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan, tetapi perbedaannya terletak pada bagian akhir. Pada Employee Satisfaction, pendekatan ini hanya mendorong karyawan untuk melakukan kewajibannya sebatas pekerjaannya. Tetapi dengan Employee Engagement, pendekatan ini dapat mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaannya lebih dari kewajiban (high performance) serta dapat memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan.


Manfaat bagi karyawan

Employee Engagement menciptakan semangat baru bagi karyawan setiap harinya saat mereka akan memulai aktivitas kantor. Karyawan akan selalu berpikir positif dalam melakukan pekerjaannya serta memberikan ide-ide hebat untuk perkembangan tim serta perusahaan. Employee Engagement menciptakan hubungan kuat dengan setiap karyawannya. Hubungan ini juga akan membuat karyawan fokus kepada pencapaian yang ingin dicapai dan membangun kerjasama tim yang solid. Employee Engagement menghilangkan pemikiran jenuh dan negatif dari setiap masalah yang dihadapi oleh karyawan dalam kehidupannya. Pendekatan ini dapat membuat karyawan menjadi tetap semangat ketika melakukan pekerjaan.




Manfaat bagi perusahaan

Perusahaan akan memiliki karyawan dengan sikap dan perilaku yang positif. Dengan perilaku positif, tentu akan mengarah kepada pertumbuhan perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, karyawan akan menjadi loyal kepada perusahaan karena adanya Employee Engagement di tempat mereka bekerja. Mereka juga dengan bangga akan menceritakan dan bahkan menyarankan orang yang ditemuinya untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaannya. Pada dasarnya, Employee Engagement dapat menciptakan komitmen ekstra dari karyawan kepada perusahaan.




*Sumber artikel: Sodexo “Apakah Employee Engagement Penting Bagi Perusahaan?”

281 views0 comments
bottom of page