Search
  • News and Updates

Selamat Tahun Baru 2021! Berikut 7 Teknik agar Resolusi Tahun Baru Lebih Efektif


Resolusi bisa datang dalam berbagai bentuk. Namun satu hal yang sama dari resolusi adalah bahwa mereka mempunyai tujuan konkret untuk dicapai, baik pribadi maupun profesional — dan terkadang bisa sulit untuk benar-benar diraih.


Cobalah adaptasikan beberapa langkah berikut untuk menciptakan resolusi tahun baru yang realistis, dapat tercapai dan efektif.


Renungkan dengan rasa syukur

Berlatihlah setiap hari untuk merefleksikan dengan penuh perhatian akan apa saja yang sudah terjadi di dalam hidup Anda. Ungkapkan rasa syukur terhadap peningkatan hidup yang terjadi. Rayakan hal-hal hebat dalam hidup Anda. Berbagai hal hebat tersebut tidak selalu harus yang besar; hal-hal kecil seringkali sangat berarti.


Tetapkan tujuan kecil terlebih dahulu

Untuk menjaga diri Anda agar tetap bertanggung jawab dalam mencapai resolusi baru, Anda harus menetapkan tujuan mikro. Seringkali, ketika tim menetapkan pencapaian yang lebih besar, itu malah bisa terasa sedikit berlebihan. Namun, jika Anda memecahnya menjadi langkah-langkah mikro, Anda mengubah komitmen besar menjadi target yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan membantu membangun momentum yang Anda butuhkan untuk mencapai semua resolusi Anda.


Buatlah spesifik

Ketika merencanakan resolusi tahun baru yang sebenarnya ingin Anda pertahankan, Anda tentunya ingin hal tersebut realistis dan dapat dicapai. Maka dari itu, fokuslah pada tujuan konkret daripada tujuan umum.


Bikin timeline

Memecah resolusi yang luas dan panjang menjadi poros tujuan yang lebih kecil dan memasukkannya ke dalam timeline dapat memberi gambaran yang jelas tentang kapan Anda harus mencapai setiap tujuan – selain bisa mengukur tingkat kemajuan. Anda juga akan merasa dihargai dengan rasa pencapaian saat menyelesaikan setiap target Anda.


Ketahui apa yang menjadi ‘Why’ Anda

Resolusi tidak pernah mudah karena membutuhkan konsistensi dan disiplin. Memiliki gagasan yang jelas tentang mengapa Anda melakukannya adalah motivasi terbaik. Selain itu, penting untuk diingat bahwa meskipun tersandung, Anda bisa bangun lagi. Ini bukan akhir dunia; Anda masih dapat mencapai tujuan jika terus maju.


Beritahu resolusi Anda ke orang-orang terdekat dan terpercaya

Jika memiliki seseorang di dalam lingkaran sosial yang Anda percayai, seperti teman atau anggota keluarga, beri tahu mereka tentang tujuan Anda. Minta mereka untuk meminta pertanggungjawaban Anda dan menanyakan kabar sesekali untuk membantu memastikan apakah Anda tetap berada di jalur yang benar.


*Foto: Freepik

9 views0 comments

(021) 5018 6888

  • LinkedIn
  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Spotify
  • TikTok
  • Icn HR Portal

©2020 by Sinar Mas Mining.