top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Series Three Challenge dan Firefighter Night – 20th INDONESIAN FIRE AND RESCUE CHALLENGE (IFRC) 2023


Challenge series three hari pertama dilaksanakan pada hari rabu (6/9/2023). Pada series ini, terdapat 3 (tiga) challenge, yaitu #05 : Road Accident Rescue (RAR) #06 : High Angle Rescue (HAR), dan #07 : Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC).


Challenge ini dilakukan dalam waktu 2 (dua) hari, dengan pembagian 12 (dua belas) tim pada hari pertama, dan yang lainnya pada hari berikutnya. Dimulai dengan apel pagi, dilanjutkan dengan mobilisasi menuju area challenge masing-masing.

Road Accident Rescue (RAR) merupakan upaya penyelamatan yang dilakukan setelah kecelakaan jalan raya untuk menyelamatkan korban dan mengatasi situasi darurat. RAR melibatkan tindakan penyelamatan yang cepat dan terkoordinasi untuk membantu korban yang terjebak di dalam kendaraan yang rusak atau terguling akibat kecelakaan lalu lintas.

Challenge Scenario pada Road Accident Rescue (RAR) yaitu 1 – 2 orang sebagai korban, 1 orang korban disimulasikan terperangkap oleh prop atau cidera, kemudian dilakukan perawatan kecideraan dengan melibatkan satu atau beberapa kendaraan ditambah props.

Pada challenge High Angle Rescue (HAR) merupakan upaya penyelamatan yang dilakukan di area dengan sudut kemiringan yang curam atau di ketingginan, seperti tebing, bangunan tinggi, menara, jembatan, atau struktur lainnya yang memerlukan akses danpenyelamatan di lingkungan vertikal. HAR memerlukan tindakan penyelamatan yang bersifat teknis dan personil yang terlatih untuk menolong orang yang cedera, terperangkap atau terjebak di area yang sulit dijangkau di ketinggian dan berpotensi bahaya.


Sementara itu, challenge terakhir pada series three yaitu Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC) yang merupakan upaya penyelamatan dan evakuasi yang dilakukan di bawah air, seperti di perairan laut, danau, sungai, atau kolam renang. UWRRC melibatkan tindakan penyelamatan dan pemulihan korban yang berada di dalam air atau di dalam kendaraan yang terendam.


Arena challenge High Angle Rescue (HAR) menjadi arena yang menantang di tahun ini, dan menjadiarena arena HAR tertinggi di Indonesia, dan Underwater Rescue and Recovery Challenge (UWRRC) menjadi challenge terbaru di tahun ini yang menjadi tantangan baru bagi para Rescuer.


Pada malam harinya, menjadi hari yang ditunggu tunggu, yaitu dilaksanakan Firefighter Night. Kegiatan ini merupakan ajang antar Tim Peserta untuk menunjukkan penampilan spesialnya. Setiap Tim Peserta memiliki waktu 5 menit untuk tampil di atas panggung. Sangat beraneka ragam dan totalitas, mulai dari gerak lagu, tari, atraksi, dan masih banyak lagi penampilan peserta.

Rasanya ada yang kurang apabila kegiatan tidak diakhiri dengan joget bareng. Pada agenda Firefighter Night ini, diakhiri dengan penampilan guest star dengan melantunkan genre dangdut yang membuat seluruh peserta merapat ke depan panggung untuk joget Bersama.

2 views0 comments

Kommentare


bottom of page