top of page
Search
  • Writer's pictureNews and Updates

Series Two Challenge – 20th Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) 2023


Challenge hari ke 5 dilaksanakan pada selasa, (5/9/2023). Pada hari ini ke 24 Tim Peserta akan menunjukkan aksinya. Hanya satu challenge yang dilakukan pada series two ini yaitu Firefighter Competency Test (FCT).


FCT terdiri dari 2 bagian, pertama written test dan yang kedua skill test. Pada Written test, peserta diberikan soal-soal tentang pengetahuan rescue sebanyak pertanyaan yang wajib diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan serta dilakukan secara serentak. Sedangkan untuk Skill test, setiap peserta diminta menunjukkan keahliannya dalam penggunaaan peralatan tanggap darurat dan juga melakukan pertolongan medis. Tes ini dilakukan secara berurutan kepada 24 team peserta.


Tidak kalah dengan hari sebelumnya, Tampak raut wajah dari masing-masing peserta sangat antusias seperti tak sabar untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini. Seperti sebelumnya, untuk memulai kegiatan seluruh Tim Peserta melaksanakan apel pagi di Fire Ground Kusan (FGK), PT Borneo Indobara (PT BIB), Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Dipimpin oleh masing-masing komandan regu, setiap tim dibariskan berjajar rapih, tanda apel pagi siap dilaksanakan.


Sembari menunggu challenge dimulai, terdapat pameran dari sponsor dan UMKM yang beraneka ragam dan menarik perhatian. Tim peserta ataupun tamu yang datang dapat mengelilingi area tersebut dan menikmati penawaran dari setiap stand yang diberikan.


Firefighter Competency Test (FCT) merupakan sebuah tes yang dirancang untuk menguji kompetensi dan keterampilan petugas pemadam kebakaran. Pada challenge ini korban yang digunakan yaitu manusia secara langsung, tidak dengan boneka. Salah satu aspek penting yang menjadi tujuan challenge ini yaitu rescuer tidak hanya bisa melakukan pertolongan dari sisi teknis skill terkait dengan alat-alat, tetapi juga kemampuan medis dasar untuk bisa melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di lapangan dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim medis.


Walaupun matahari cukup terik, namun tidak menurunkan semangat para Rescuer untuk berjuang menyelesaikan misi challenge pada hari ini. Tak kalah hebat, Tim Juri juga senantiasa fokus mendampingi dan memberikan nilai pada aksi yang dilakukan oleh masing-masing Tim Peserta. Ke dua puluh empat tim sudah bertanding, menandakan rangkaian challenge pada series two ini telah selesai. Pada malam harinya, disediakan live music yang berada di panggung hiburan FGK untuk me-recharge energi para peserta untuk bersiap bertanding di esok harinya.

3 views0 comments

Comments


bottom of page