top of page
Search
  • News and Updates

Tim Rescue PT Borneo Indobara Bantu Korban Gempa Cianjur

Artikel ini telah tayang di www.BanjarmasinPost.co.id

BANJARMASINPOST.CO.ID - GUNA mendukung salah satu program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengenai Siaga Bencana, PT Borneo Indobara (BIB) melakukan misi kemanusiaan bencana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bencana terjadi pada 21 November 2022, dengan kekuatan magnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 km.


Dari kejadian ini tim ESDM membentuk Posko Siaga Bencana di lokasi kejadian.

Kementerian ESDM (Dirjen Minerba) pada 22 November 2022 mengeluarkan surat intruksi No: 7.E/MB.07/DBT.KP/2022 kepada beberapa Kepala Teknik Tambang perusahaan tambang dan Penanggung Jawab Operasional. Isiinya, bersedia mengirimkan Emergency Response Team yang bertugas di lokasi bencana.

Atas dasar surat tersebut, maka PT BIB menugaskan Emergency Response Team (ERT) untuk melakukan misi kemanusiaan di wilayah terdampak, yaitu di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.


Personel yang ditugaskan, yaitu Anang Adi Wirianto ( PT BIB - ERT Sect Head) Koordinator Team Tanggap Darurat, Aprianto Hair P (PT ERM – Senior fire fighter) Team Rescue (Kepala Regu). Kemudian, Zainuddin (PT ERM – Fire & Rescue Member) Team Rescue dan Ali Asan (PT ERM – Fire & Rescue Member) Team Rescue.

Waktu penugasan mulai 24 November 2022 hingga 1 Desember 2022. Apabila diperlukan, dapat diperpanjang selama maksimal 10 hari berikutnya.


Anang Adi Wirianto, selaku ERT Section Head yang juga leader di lapangan menjelaskan bahwa pihaknya bergerak di bawah naungan ESDM Siaga Bencana.

“Kami selalu ada bagi masyarakat yang membuhtuhkan kami,” jelasnya.


Untuk operasional ERM PT BIB, diawali pada 25 November 2022, tim dengan 3 personel rescue dan 1 koordinator melaporkan ke Posko Basarnas untuk izin masuk ke area Worksite Bencana di Cianjur. Selanjutnya, tim bersama tim SAR gabungan melaksanakan operasi search and rescue di area Cicadas dengan memfokuskan pencarian 2 korban laki-laki yang tertimbun longsor.


Pada Sabtu 26 November 2022, ERT PT BIB mobilisasi menuju posko Basarnas untuk melakukan breafing dan breafing activity plan guna grup worksite 1 di area warung makan Sate Shinta. Saat itu, ERT PT BIB diminta melakukan pembuatan Sistem HART untuk melakukan transfer tools dan victim di area worksite 1 Desa Cicendil warung Sate Shinta.

Di lokasi ini tim berhasil mengevakuasi dan mendapatkan dua korban. Karena medan untuk menuju ambulans sangat curam, tim mentransfer korban menuju ambulans shalter menggunakan sistem HART yang telah dibuat.


Kemudian, Minggu 27 November 2022, ERT PT BIB mobilisasi menuju posko Basarnas untuk melakukan breafing dan breafing activity plan untuk grup worksite 1 masih di area warung makan Sate Sinta, Desa Cicendil. Personel Emergency Response Team (ERT) PT Borneo Indobara (BIB) juga melaksanakan trauma healing kepada anak-anak terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. (PT BORNEO INDOBARA)


Kemudian, ERT PT BIB diminta melakukan pembuatan Sistem HART lowring untuk melakukan transfer tools dan victim di area worksite 1 dan melakukan pembongkaran dan evakuasi unit pick up yang tertimbun.


Berlanjut pada 28 November 2022, ERT PT BIB melanjutkan pencarian sama dengan hari sebelumnya warung Sate Shinta dengan menfokuskan penyisiran di area sungai dengan radius jarak 1 km. Serta, melakukan pembersihan dan penggalian pada mobil yang tertimbun memastikan tidak terdapat korban.

Aksi berlanjut saat Selasa, 29 November 2022. ERT PT BIB menyerahkan paket sembako logistik dan keperluan bayi ke posko masyarakat yang terdampak di Desa Benjot, Cugenang, RT 02 RW 05, kampung Awilarangan, Cianjur. Di lokasi ini ada sebanyak 63 KK dengan korban jiwa 6 orang meninggal dunia. Selain itu, ERT PT BIB juga melakukan asesmen pada sekolah yang terdampak, bertempat di Desa Sukaasih.

Saat Rabu, 30 November 2022, ERT PT BIB melakukan penyerahan paket sembako logistik dan melakukan kegiatan Trauma Healing pada anak-anak. Tim tersebut memberikan mainan dan edukasi tentang bencana pada masyarakat dan anak-anak di posko pengungsian Desa Galudra Girang RT 03, Kecamatan Cugenang.


Pada 1 Desember 2022, ERT BIB menyerahkan bantuan obat-obatan ke posko ESDM.

Geneal Manager HSE PT BIB, Supandi, Senin (5/12), mengatakan , perusahaan sangat berempati terhadap kejadian bencana alam yang ada di Indonesia.


“PT BIB merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Cianjur. PT BIB menerjunkan tim tanggap darurat untuk bergabung dengan tim Tanggap Darurat di bawah Kementerian ESDM. Kehadiran tim tanggap darurat PT BIB diharapkan mampu memberikan pertolongan kepada saudara kita yang terkena musibah,” jelasnya.PT BIB


PT BIB menerjunkan tim tanggap darurat untuk bergabung dengan tim Tanggap Darurat di bawah Kementerian ESDM. Kehadiran tim tanggap darurat PT BIB diharapkan mampu memberikan pertolongan kepada saudara kita yang terkena musibah,” jelasnya.

6 views0 comments
bottom of page