Search
  • News and Updates

Tren Inovasi dan Teknologi di 2021 – Tahunnya “Hybrid Reality”



Mixed Reality atau Hybrid Reality didefinisikan sebagai pengintegrasian objek digitalisasi interaktif dengan lingkungan dunia nyata pengguna. Hybrid Reality berbeda dengan Augmented Reality karena daripada hanya menampilkan gambar, di sini Anda dapat sangat banyak berinteraksi dan memanipulasi grafik.


Meskipun demikian, ada tren yang akan kita lihat tahun 2021 ini yang didorong oleh konteks yang belum pernah terjadi sebelumnya dan beberapa lainnya yang didorong oleh perkembangan alami pasar. Hal ini dianggap karena tingkat popularitas masing-masing bervariasi sesuai dengan ekspektasi dampaknya.


Embedded AI

Dengan mengintegrasikan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan ke dalam bisnis apa pun, data andalan dapat diinterpretasikan melalui model yang kuat akan diekstraksi, mencapai kinerja yang lebih baik, dan membuat beberapa proses lebih terukur.


Internet of Behavior (IoB)

Sebagian besar didorong oleh percepatan Internet of Things (IoT) dan teknologi digital, di mana pola perilaku, fitur karakteristik individu, dan terkadang bahkan dapat menangkap emosi. Data ini digunakan untuk memengaruhi konsumen dan mengubah kebiasaan mereka.


Branded Content dan Social Commerce

Dalam dunia yang sepenuhnya digital, sangat penting bagi brand untuk memiliki pijakan pada platform digital untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih besar. Hasilnya, branded content dan social commerce lahir, di mana brand memanfaatkan konten di jejaring sosial untuk menghasilkan visibilitas ke produk mereka dan meningkatkan tingkat konversi pelanggan.


Selain itu, social commerce mendorong integrasi individu ke dalam platform sosial untuk menjual produk dan memiliki sumber pendapatan lain, sebagian besar didukung oleh pasar yang dibangun di atasnya.


Hyper-data Analytics dan Segmentasi Micro-marketing

Perkembangan teknologi dan aplikasi Big Data telah memungkinkan analisis data dalam jumlah besar secara hampir seketika. Salah satu solusi mendasar yang muncul dari hal ini adalah segmentasi komersial pelanggan di tingkat individu, mempromosikan produk atau layanan spesifik tertentu dan mengarahkan penawaran yang dipersonalisasi kepada setiap klien, sehingga memaksimalkan keuntungan komersial.


Pembayaran Digital Tanpa Hambatan

Salah satu dampak terbesar dari krisis COVID-19 adalah perkembangan pembayaran digital tanpa kendala, yang telah mencapai penerapan dan penerapan metode pembayaran yang praktis dan efektif yang tidak memerlukan kontak di tempat-tempat tradisional. Solusi ini didasarkan pada teknologi jarak seperti Near Field Communication (NFC), identifikasi biometrik, pengenalan wajah, dan sensor gelombang suara.


Hyper-automation di Rantai Pasokan

Sudah lama kita tidak mengetahui potensi yang akan diberikan Industri 4.0, dan bagaimana perpaduan teknologi dan industri dapat mengganggu pasar. Salah satu kasus penggunaan terbesar dari transformasi dan tren yang berkembang ini adalah hyper-automation pada rantai pasokan, yang terdiri dari menghubungkan dan merampingkan seluruh proses industri secara cerdas; dari proses di gudang, hingga perencanaan rute, pengiriman produk, dan pengiriman jarak jauh.


Micro-Fulfilment Centers (MFC)

Pusat-pusat mikro ini berusaha untuk meningkatkan proses distribusi ke bisnis atau konsumen akhir, secara efisien memindahkan rantai pasokan dan entah bagaimana mentransfer kemampuan logistik yang dimiliki perusahaan besar ke bisnis e-niaga skala kecil dan menengah.


Hyper-Localization

E-commerce dan peningkatan aplikasi berdasarkan siklus penjualan bisnis jadi lebih efisien dalam proses dan pengiriman, maka teknologi hyper-location akan menjadi sangat relevan dalam siklus penjualan e-commerce. Teknologi ini memungkinkan individu untuk menguraikan rute paling efektif untuk mengumpulkan banyak produk di dalam gudang atau supermarket.


Keamanan Cyber: Proses dan Perlindungan Data

Seiring berkembang pesatnya dunia digital, kebutuhan keamanan cyber semakin nyata setiap saat. Meningkatnya volume transaksi perbankan digital, peristiwa virtual, dan dokumen yang disimpan pada cloud telah meningkatkan risiko informasi dan integritas operasi digital. Di satu sisi, ada solusi yang secara langsung menangani perlindungan data pengguna; dan di sisi lain, banyak juga perusahaan yang lebih fokus pada perlindungan integritas dan pelaksanaan proses.


Embedded Fintech

Salah satu tren yang memiliki perkembangan bertahap sebelum pandemi, dipercepat olehnya dan pastinya kita akan melihat peningkatan lebih lanjut di tahun ini adalah Embedded Fintech. Di mana perusahaan dari industri apa pun menggunakan teknologi keuangan digital dalam proses mereka atau sebagai mekanisme untuk meningkatkan penjualan.

Blockchain

Bitcoin sudah berusia 12 tahun dan bersamaan dengan itu juga datang hari jadi teknologi blockchain. Teknologi ini telah berkembang dari yang dikenal sebagai bagian dari metode pembayaran alternatif dan terdesentralisasi yang mencurigakan menjadi teknologi yang dapat diterapkan di hampir semua industri.


“The first step towards getting somewhere is to decide you’re not going to stay where you are.”

̶ J.P. Morgan


Referensi artikel: https://medium.com/@ACV_VC/whats-next-trends-in-innovation-and-technology-for-2021-85620e7625ab

36 views0 comments