More ▼

Hasil Observasi Terumbu Karang Tim PT Borneo Indobara

Oleh: @yudhahes

Observasi dilakukan pada hari sabtu tanggal 2 Februari 2019, kami memilih tanggal tersebut karena kondisi gelombang air laut sedang tenang dan cuaca sangat cerah. Ada 2 lokasi pengamatan yang diobservasi, lokasi pertama merupakan hasil tranplantasi pada tahun 2018 dan lokasi kedua hasil tranplantasi tahun 2012. Berangkat dari Pantai Bunati pukul 07:00 WITA menggunakan perahu, tim kami menuju ke laut lepas dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Sesampainya di lokasi pengamatan pertama hasil tranplantasi tahun 2018, terlihat jelas keadaan ekosistem terumbu karang di dasar laut dengan kedalaman 3-4 meter karena kondisi air sangat jernih. Selesai melakukan pengamatan di lokasi pertama, kemudian kami berpindah ke lokasi kedua yang berjarak 5 menit dari lokasi sebelumnya. Di lokasi kedua, hasil tranplantasi tahun 2012, dengan kedalaman sekitar 5 meter terilhat jelas pertumbuhan terumbunya yang sangat lebat.

Kesimpulan dari hasil observasi kami di lokasi tranplantasi adalah:

  • Pertumbuhan terumbu karang sangat pesat sekitar 10cm/tahun.
  • Penyebab pesatnya pertumbuhan terumbu karena lokasi tersebut cukup jauh dari bibir pantai sehingga hampir tidak dijangkau limpasan sedimen dari daratan yang dapat menyebabkan air keruh.
  • Air keruh akan menghalangi sinar matahari yang merupakan syarat utama pertumbuhan.
  • Karena lokasi yang unik itu, dalam setahun ada waktu sekitar 10 bulan bagi terumbu karang untuk bertumbuh karena limpahan cahaya matahari tersebut.
  • Hasil tranplantasi pada tahun 2012 telah menjadi hutan terumbu yang dihuni banyak makhluk hidup.
  • Dalam pengamatan dijumpai tidak kurang dari 50 jenis spesies ikan yang berada di area terumbu karang PT Borneo Indobara.
  • Mulai dari ikan, udang, kepiting, molusca/kerang-kerangan, belut, bahkan ular laut terlihat sedang melakukan aktivitas di area terumbu tersebut.




Tim Pemantau: ULM - Pak Suhaili dan Tim (6 orang)

Pengawas BIB: Adhika (Enviro), Budi (Safety), Yaser (Port) PT. Borneo Indobara

Lokasi: Pantai Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 

Waktu: Sabtu, 2 Februari 2019