Penandatangan Kerjasama untuk Program CSR Puskesmas & Mesjid Apung

PT Borneo Indobara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melaksanakan acara kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) untuk program CSR Puskesmas dan Mesjid Apung pada Selasa, 21 Januari 2020 di Pullman Hotel Jakarta, Thamrin CBD, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh Bupati Tanah Bumbu, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, juga dari pihak PT Borneo Indobara yang diwakili oleh Direktur Operasional, External Relation dan CSR Department Head, serta staf-staf lainnya.

Tujuan dari pembangunan dan pengembangan puskesmas di daerah Sebamban, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu ini adalah untuk mendukung penyediaan fasilitas layanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau bagi masyarakat sekitar lokasi pertambangan PT Borneo Indobara.


Saat ini pembangunan puskesmas sampai dengan tahap konstruksi dengan perkiraan kemajuan 87.24%, dan di tahun 2020 finalisasi interior dan exterior, serta nantinya mengadopsi tata kelola rumah sakit dengan bekerjasama dengan rumah sakit Eka Hospital berstandar Internasional. Puskesmas ini nantinya menjadi puskesmas rawat inap plus, di mana akan disediakan ruang rawat inap sebanyak 51 ruang inap, dimana lantai 1 ada 37 ruang, dan lantai dua ada 14 ruang, dengan didukung 4 poliklinik, yaitu kesehatan ibu dan anak, jantung, gigi dan mulut, serta THT (Telinga Hidung Tenggorokan).

Diharapkan juga Puskesmas ini dapat menerima pasien dengan kartu BPJS, serta menjadi puskesmas terbaik se-Nasional. Nantinya Pemda Kabupaten Tanah Bumbu akan melakukan MoU dengan Eka Hospital untuk standarisasi pelayanan rumah sakit.


Sementara untuk pembangunan mesjid apung, selain dapat dimanfaatkan sebagai tempat ibadah dan kegiatan islami, juga dapat dijadikan kunjungan wisata karena lokasinya yang mengarah ke laut lepas. Mesjid yang didirikan di Desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini akan dibangun 2 lantai dengan kapasitas 400-500 orang.

Dengan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama ini, PT BIB dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan dan memperbaiki kesehatan dan ekonomi masyarakat sekitar.