Satukan Semangat, Sinar Mas Mining Gelar Town Hall Meeting di Awal Tahun 2019


Mengawali tahun 2019, Sinar Mas Mining menggelar CODO (Chief of Organization Development Officer) Town Hall di Gedung Sinar Mas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat. Tidak hanya menyampaikan pencapaian perusahaan selama 2018, Direksi Sinar Mas Mining juga menyatukan pandangan dan strategi kepada para Manager dari berbagai divisi untuk mencapai target perusahaan di tahun ini.

CEO CODO, Mochtar Suhadi mengungkapkan, pertemuan ini merupakan wadah komunikasi untuk memperkenalkan jajaran direksi baru serta penyampaian kinerja dan tantangan yang akan dihadapi perusahaan. “Hari ini adalah CODO town hall pertama di tahun 2019, karena raker yang biasanya kita adakan setiap tahun itu durasinya lama dan melibatkan ratusan orang, maka saya memilih mengadakan town hall saja, yang lebih singkat, padat, dan saya harap, tepat.” Imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, para direksi dari berbagai divisi menyampaikan apa saja yang sudah dicapai di tahun 2018 dan strategi inisiatif untuk 2019.

“Kita mendapat USD 60 juta dalam kurun waktu 3 tahun di tahun 2017, USD 4.1 juta di tahun 2018, USD 7 juta semua proses HR akan diotomasi dengan teknologi dari proses rekrutmen, learning, performance management, rewards, dan employer branding.” Ungkap Swasono Satyo, Chief of Human Resources Officer.

Ia juga memaparkan strategi inisiatif HRGA di tahun 2019 antara lain mengubah task worker into knowledge worker, pengembangan talent pipeline, dan memperkuat inti melalui digitalisasi.

Selanjutnya di bidang perkembangan teknologi, Chief of Technology Officer, Ravinder Mawa memaparkan beberapa pencapaian di bidang IT dan Procurement di 2018 dan strategi inisiatif baru di tahun 2019.

“Kami sudah menerapkan Private LTE di Berau yang pertama di Indonesia, kami mencoba mengelola jaringan operasional secara sentralisasi di Jakarta. Dan di tahun 2019 ini, kami akan mengimplementasikan aplikasi dan radio digital di jaringan LTE.” Tuturnya.

Sementara itu dalam bidang Finance, Steve Simangasing mengungkapkan telah memeroleh dana sebesar IDR 300 juta dan telah melakukan optimasi di accounting process. Adapun rencana di 2019 adalah akan menerapkan financial discipline untuk mencapai target dan mengoptimalkan ROI.

Dewi Larasati selaku pembicara dalam bidang Legal juga mengemukakan achievement 2018 dan strategi 2019. Dalam hal ini Kawan Cicil yang memulai milestone pertamanya dengan ISO 27001 yang merupakan persyaratan OJK dan untuk 2019 Legal siap menyelesaikan 19 lisensi BU.

Selain membahas pencapaian pada tahun 2018 dan rencana 2019, pada kesempatan yang sama Mochtar Suhadi juga menegaskan tentang program Gender Equality, yang mana perempuan akan mendapatkan benefit yang sama seperti pria. “Asal Anda di Sinar Mas Mining, semua penyakit akan dicover.” Tegasnya.

Ia menambahkan, Sinar Mas Mining dalam beberapa tahun belakangan ini melakukan perubahan menyeluruh atas setiap proses, kompetensi, dan model bisnis dengan implementasi teknologi digital. "Semua proses kerja akan dipermudah hanya dengan sentuhan klik. Harapannya agar semua unit bisnis dapat merasakan banyaknya support dan network yang dipunya oleh Sinar Mas Mining dan dapat dikapitalisasi untuk kemajuan perusahaan.” Tutupnya.

Ke depannya, diharapkan acara seperti ini bisa rutin dilakukan agar terjalin komunikasi dan relasi yang baik antara manajemen, memberikan semangat kepada karyawan agar kinerja semakin meningkat, dan makin optimis menjalani strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.