More ▼

Bulan K3 Nasional 2019

Seminar Bulan K3 Nasional 2019 PT Borneo Indobara

Narasi: Adrianus Darmawan

Foto: @yudhahes

Banjarmasin, PT Borneo Indobara (BIB) sukses menyelenggarakan Seminar Bulan K3 Nasional 2019 dengan tema "Tantangan Implementasi Kepmen ESDM no. 1827K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik" yang menghadirkan pembicara utama Sri Rahardjo M.Eng.Sc, Direktur Teknik dan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara, in-officio menjabat sebagai Kepala Inspektur Tambang (KAIT).

Dalam sambutannya, KAIT meminta komitmen KTT didukung oleh jajaran manajemen dan PJO mitra kerja BIB untuk melakukan segenap upaya perbaikan dalam rangka pencegahan kecelakaan tambang dengan berpedoman pada Kepmen ESDM No 1827K/30/MEM/2018.

KAIT juga meminta agar BIB mengambil pelajaran mahal dari duka dunia pertambangan Indonesia tahun 2018 di mana terjadi sejumlah kecelakaan tambang yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa 17 pekerja tambang.

Dalam seminar tersebut, KAIT didampingi oleh Dr. Lana Saria S.Si, M.Si, Kasubdit Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara, yang menyampaikan pembahasan dengan tema “Analisa Kecelakaan Tambang 2018 dan Optimalisasi Peran KTT dan PJO dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Tambang”, serta Warid Nurdiansyah, SKM, M.OHS.Sc., yang menyampaikan materi tentang “Implementasi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Keselamatan Operasi Pertambangan.”

Kepala Teknik Tambang (KTT) BIB Riadi Simka Pinem menjelaskan tentang upaya-upaya yang telah dilakukan BIB sebagai implementasi Kepmen ESDM No 1827K/30/MEM/2018 dan tantangan-tantangan yang dihadapi di tahun 2019 dan seterusnya. Riadi juga memaparkan pencapaian positif BIB dalam menurunkan Incident Frequency Rate dan Severity Rate dari tahun ke tahun, di tengah meningkatnya produksi batubara BIB yang menembus rekor lebih dari 20 juta ton di tahun 2018. Acara seminar ditutup dengan pemberian penghargaan LTI Free Award bagi 5 perusahaan mitra kerja BIB yang mencapai lebih dari 1 juta jam kerja tanpa mengalami kecelakaan Lost Time Injury (LTI).