#TerimakasihPakEka

Sosok Pekerja Keras itu Berpulang


Semasa hidupnya, Eka Tjipta Widjaja menginspirasi banyak orang melalui semangat juang dan sikap pantang menyerah. Filosofi hidupnya yakni ‘jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan, maupun terhadap sosial’ menjadi warisan berharga bagi keluarga besar Sinar Mas.

Selain mengembangkan bisnis Sinar Mas yang kini telah bertransformasi menjadi enam pilar utama bisnis, Eka Tjipta Widjaja juga dikenal berkomitmen dalam pembangunan negeri, serta aktif dalam kegiatan sosial.

Sinar Mas berawal ketika almarhum Eka Tjipta Widjaja yang ketika itu masih bernama Oei Ek Tjhong menginjak usia 15 tahun. Berwirausaha menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Meski hanya lulusan sekolah dasar, baginya tak ada harapan dan cita-cita yang terlalu tinggi. Filosofi “jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial” menjadi kompas hidupnya, yang kemudian bermetamorfosis menjadi nilai-nilai luhur Sinar Mas, yakni Integritas, Sikap Positif, Berkomitmen, Perbaikan Berkelanjutan, Inovatif dan Loyal.

Kini sebagai sebuah brand, Sinar Mas menaungi sejumlah perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri. Perusahaan tersebut bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estate, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur. Belakangan, Sinar Mas juga memasuki pula ranah bisnis digital ventures.

Selamat jalan pak Eka, segala perjuangan, kerja keras, dan kebaikanmu akan selalu kami kenang.

#TerimakasihPakEka